Dark/Light Mode

KPK Kirim Rekam Jejak Firli Ke DPR Berharap Dijadikan Pertimbangan

Rabu, 11 September 2019 20:17 WIB
Gedung KPK. (Foto: Ist)
Gedung KPK. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mengirimkan surat terkait rekam jejak Irjen Firli Bahuri ke DPR hari ini. "KPK telah mengirimkan surat resmi kepada DPR, khususnya Komisi III, terkait rekam jejak calon pimpinan KPK," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Baca juga : Data Jadi Komoditas Berharga Ketimbang Minyak & Tambang

Dia berharap, surat terkait rekam jejak ini dapat menjadi pertimbangan bagi Komisi Hukum DPR dalam proses pemilihan capim KPK. "Masyarakat membutuhkan pemimpin KPK yang berintegritas dan dapat bekerja secara independen," tegasnya  

Baca juga : BLK Komunitas Siap Cetak SDM Berakhlak dan Kompeten

Saut mengingatkan, jika pimpinan KPK yang terpilih tidak berintegritas atau memiliki afiliasi politik, maka KPK berisiko ditarik pada pusaran politik. 

Baca juga : Pelni Kampanyekan Check In Mandiri Kepada Penumpang

Selain itu, juga berisiko terhadap pelaksanaan tugas komisi antirasuah ke depan. Terutama, jika ada kasus korupsi terkait dengan aktor politik, baik yang berafiliasi dengan pimpinan atau berseberangan. "Padahal KPK wajib menegakkan hukum secara independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun," tutup Saut. Firli sendiri akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR, besok, Kamis (12/9). [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :