Dark/Light Mode

Permudah Akses Dokumen Hukum Dan Informasi, BPIP Luncurin Aplikasi JDIH

Selasa, 4 Juli 2023 22:38 WIB
Launching Aplikasi Mobile JDIH BPIP di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/7). (Foto: Ist)
Launching Aplikasi Mobile JDIH BPIP di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus berinovasi memberikan kemudahan dan layanan kepada masyarakat. Teranyar, BPIP meluncurkan aplikasi mobile Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) BPIP.

Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses dokumen hukum dan informasi secara lengkap, akurat, mudah dan cepat. Dalam aplikasi ini juga dimuat beberapa dokumen langka seperti Sidang BPUPK, Sidang PPKI, Pidato Soekarno 1 Juni 1945 dan Pidato Soekarno di PBB tentang Pancasila.

Acara peluncuran ini digelar dalam acara Grand Launching Aplikasi Mobile JDIH BPIP di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/7). 

Acara dihadiri oleh Wakil Kepala BPIP Karjono, Sekretaris Utama BPIP Adhianti, dan Direktur Analisis dan Penyelarasan yang merangkap sebagai Plt. Kabiro Hukum dan Organisasi BPIP Edi Subowo. Acara yang digelar secara luring dan daring ini juga dihadiri sejumlah pejabat dari kementerian dan lembaga antara lain Kepala Pusat Perencanaan Hukum Nasional / Plt. Sekretaris Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham Constantinus Kristomo. 

Dalam sambutannya, Karjono menyampaikan, peluncuran aplikasi mobile JDIH ini tak lepas dari posisi Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum. Harapannya, nilai-nilai Pancasila dapat mewarnai di setiap produk hukum. Karena, menurut dia, norma hukum yang tidak berdasarkan nilai Pancasila akan berpotensi memunculkan ketidakselarasan dan konflik di masyarakat. 

Baca juga : Bank DKI Luncurkan Fitur JakErte Di Aplikasi JakOne Mobile

"Peluncuran aplikasi ini diharapkan  dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terutama dalam  memperoleh akses terhadap produk hukum tidak semata regulasi juga berbagai macam aspek hukum," kata Karjono. 

Karjono menambahkan, peluncuran aplikasi ini sebagai bentuk BPIP memberikan layanan prima kepada masyarakat. Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah mencari dokumen dan informasi hukum. Selain itu juga agar memudahkan BPIP menerima saran dan masukan dari masyarakat.

"Peluncuran aplikasi ini juga sebagai komitmen BPIP dalam pembumian Pancasila dan mendukung tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan transparan," paparnya. 

Karjono menambahkan, peluncuran aplikasi ini sebagai salah satu usaha BPIP membangun literasi Pancasila. Hal tersebut dapat dirasakan masyakarat jika JDIH dapat diakses masyarakat secara mudah dan tidak bertele-tele dan real time. Dengan launching ini masyarakat dapat mengakses dokumen dan informasi hukum melalui telephon genggam berbasis Android dan iOS. 

Menurut Karjono, kalau negeri ini konsisten membangun jaringan secara digitalisasi, transparan, dan menginformasikan dan dokumentasikan apa yang yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang sudah diregulasikan, ia yakin Indonesia akan makin maju. "Karena semuanya akan mudah cepat gampang diakses," tutupnya. 

Baca juga : Jadikan Perpustakaan Pusat Pendidikan, Informasi, Dan Rekreasi

Sementara itu, Plt. Kabiro Hukum dan Organisasi BPIP Edi Subowo menyampaikan, JDIH BPIP adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan. "Peluncuran aplikasi JDIH ini juga merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat," kata Edi Subowo, usai acara.

Ia menceritakan, JDIH BPIP dibangun pada awal 2020. Dalam perjalannya, JDIH BPIP sudah memperoleh sejumlah capaian seperti Pengintegrasian JDIH BPIP dengan JDIHN Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkum HAM pada awal 2020. JDIH BPIP juga menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM pada JDIHN Awards sebagai Anggota JDIHN Terbaik III Tahun 2021 Kategori Lembaga Nonsturktural, tanggal 2 Desember 2021 di Jakarta. 

JDIH BPIP juga sudah memberikan beberapa pelayanan, di antaranya Informasi Produk Hukum, Perpustakaan Hukum, Koleksi Langka Pancasila, Ruang Baca dan Multimedia, Kios-K, Ruang Rapat, dan Lobby/Ruang Tunggu. JDIH BPIP juga melakukan pengembangan situs dengan pembaharuan fitur dan tampilan yang lebih informatif sehingga pengguna lebih mudah dan nyaman dalam penggunaanya. Tampilan baru ini dapat diakses sejak April 2023. 

Teranyar, JDIH BPIP meluncurkan aplikasi yang dapat gunakan dengan mudah oleh pengguna dari manapun dan kapanpun. Aplikasi Android JDIH BPIP sudah dapat diunduh pada https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jdihpbip. 

Dalam rangka penyediaan informasi hukum, JDIH BPIP juga telah menerbitkan buku Kompilasi Peraturan BPIP Tahun 2018-2020 dan Kompilasi Peraturan BPIP Tahun 2021 dan 2022. 

Baca juga : Komitmen Jaga Keamanan Informasi, PPID BNPT Laksanakan Uji Konsekuensi

Edi juga menyampaikan, sejumlah koleksi langka hasil kerjasama dengan Arsip Nasional. Beberapa dokumen langka itu adalah Sidang BPUPK, Sidang PPKI, Pidato Soekarno 1 Juni 1945, Preamble Pembukaan UUD 1945, dan Pidato Soekarno di PBB tentang Pancasila. 

Terakhir, Edi mengatakan, syukur karena launching aplikasi JDIH ini mendapat apresiasi dari kementerian dan pemerintah daerah. Hal ini, kata dia, menambah dorongan bagi BPIP untuk terus melakukan inovasi sehingga mampu menjawab dan berkontribusi terhadap apa yang dibutuhkan masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.