Dark/Light Mode

547 Bacaleg Solo Belum Memenuhi Syarat

Kamis, 6 Juli 2023 17:26 WIB
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surakarta, Suryo Baruno. (Foto: Go/Rakyat Merdeka)
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surakarta, Suryo Baruno. (Foto: Go/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masih ada 547 bakal calon legislatif (bacaleg) di Solo, Jawa Tengah yang belum memenuhi syarat (BMS) memasuki masa pengajuan dokumen perbaikan untuk syarat anggota DPRD setempat, dalam rangka persiapan tahapan Pemilu 2024. Salah satunya Sekar Krisnauli Tandjung, putri Akbar Tandjung dan Ketua DPD Golkar Solo.

"Baru 54 yang MS (memenuhi syarat) dari 601 bacaleg dari 18 parpol. Bu Sekar belum," ungkap Suryo Baruno, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surakarta saat dijumpai Rakyat Merdeka, Rabu (5/7). 

Baca juga : Duh, 9.260 Bacaleg DPR Belum Memenuhi Syarat

Hingga sore ini diupdate, jumlahnya tetap sama. Sebanyak 547 bacaleg itu perlu perbaikan administrasi hingga deadline 9 Juli mendatang. "Kami sudah meeting dengan pendamping atau operator masing-masing parpol," kata Suryo. 

Menurut mantan aktivis Konsorsium Monitoring dan Pemberdayaan Institusi Publik (KOMPI) ini, secara umum sudah ada peningkatan pemahaman dari parpol soal administrasi. Namun dia mengapresiasi PSI dan PDIP. "PSI sudah 19 (MS) kan. PDIP dan PAN 15 (MS)," tukas Suryo. 

Baca juga : Ronaldo Belum Mau Pensiun Di Timnas Portugal

Dari tabel data aktual, ada 14 parpol yang masih nihil bacaleg MS. Diantaranya Golkar, PKB, Demokrat, PPP, dan PKS. 

Soal pemilih, Suryo bilang ada peningkatan antusiasme dari kalangan milenial dan perempuan di Solo. Selain dinamika sosial dan politik, tren meningkat karena kerja keras pihaknya melalui berbagai program sosialisasi.

Baca juga : Berlusconi Dirawat 6 Pekan Sebelum Menutup Mata

"Cenderung meningkat dari pemilu lalu. Kami mendatangi berbagai sekolah dan blusukan ke warga. Negara itu kuat kalau pemilihnya berdaulat," selorohnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.