Dark/Light Mode

Bolak-balik Ke Istana

Prabowo-Jokowi Makin Mesra

Selasa, 11 Juli 2023 08:00 WIB
Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @prabowo)
Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @prabowo)

 Sebelumnya 
Prabowo juga melapor kepada Jokowi bahwa ada sejumlah negara yang meminta Indonesia untuk melatih tentara-tentara mereka. “Saya kira ini menunjukkan Indonesia terus dihormati dan menjadi panutan banyak negara,” kata Prabowo.

Untuk diketahui, belakangan ini Prabowo memang sering bolak-balik ke Istana dan bertemu empat mata dengan Presiden Jokowi. Ada yang karena dipanggil, tapi ada juga yang inisiatif pribadi untuk melaporkan hasil kerjanya pada Presiden.

Bahkan di Instagram pribadinya, Prabowo juga kerap membagikan momen saat bersama Jokowi. Salah satu foto yang sempat viral, yakni foto Prabowo sedang makan siang berdua dengan Jokowi di Istana.

Baca juga : Pulang Dari Konser Ari Lasso, Prabowo Diberi Kaos Sing Penting Happy

Kenapa Prabowo sering bolak-balik ke Istana? Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menganggap, tidak ada yang aneh ketika seorang menteri dipanggil Presiden.

“Yah biasa. Beliau menterinya Pak Jokowi dan bisa dipanggil kapan saja oleh Presiden untuk bicara tentang pertahanan dan hal lain terkait kebangsaan dan negara. Jadi, hal yang wajar,” kata Dahnil saat dikonfirmasi, tadi malam.

Selain persoalan pertahanan, Dahnil tak menapik jika bosnya dan Jokowi membahas dinamika politik jelang Pilpres 2024. Hanya saja, mantan ketua umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah itu tidak merincikan.

Baca juga : Belanda Kembalikan Artefak Indonesia, Sejarawan: Usaha Jokowi Patut Diapresiasi

“Sesekali pastilah disinggung terkait Pilpres, karena itu menyangkut masa depan bangsa dan negara. Pastilah Presiden memberikan perhatian khusus. Apalagi yang ikut bertarung anak buah beliau,” ungkap Dahnil.

Namun, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai, pertemuan Prabowo dengan Jokowi di Istana tak sebatas antara bos dan anak buah. Dia menduga, seringnya Prabowo bolak-balik ke Istana, tak lepas dari urusan Pilpres 2024.

Menurut Dedi, beberapa pertemuan Jokowi dan Prabowo dilakukan secara mendadak pada saat ada gejolak di PDI Perjuangan (PDIP). Pertemuan kemarin misalnya, digelar bersamaan dengan disidangnya Effendi Simbolon oleh Dewan Kehormatan PDIP. Misalnya kemarin, Prabowo bertemu Jokowi, di saat Effendi Simbolon dipanggil Dewan Kehormatan PDIP.

Baca juga : Sekjen Gerindra Ajak Kader Menangkan Prabowo Dengan Santun

“Maka semakin jelas ada persoalan antara Jokowi dan PDIP. Prabowo sangat mungkin mendapat restu dari Jokowi,” ulas Dedi, tadi malam.

Dia juga sangat yakin, keduanya membahas soal Pilpres.Sikap yang ditunjukkan Jokowi ini tercermin dari sikap Jokowi yang terkesan ikut cawe-cawe ngurus koalisi. Termasuk mengurusi hal yang berkaitan dengan relawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.