Dark/Light Mode

Demi Kedaulatan Wilayah Laut Indonesia

Pengamat Maritim Ingatkan Pentingnya Penetapan Landas Kontinen

Jumat, 21 Juli 2023 15:50 WIB
Lemhanas Strategic Center IKAL SC, Dr HC Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa. (Istimewa)
Lemhanas Strategic Center IKAL SC, Dr HC Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa. (Istimewa)

 Sebelumnya 
Hakeng juga menyampaikan beberapa langkah yang diusulkan kepada Pemerintah Indonesia untuk penyelesaian landas kontinen sesuai dengan UNCLOS 1982.

"Lakukan penelitian dan pemetaan laut yang mendalam, termasuk pengumpulan data ilmiah tentang struktur geologi, kekayaan sumber daya alam, dan ekosistem laut. Penelitian ini akan memberikan dasar yang kuat untuk klaim kita terkait landas kontinen yang valid," tegas dia.

Baca juga : Tutup Rescue Journey, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Keselamatan Berkendara

Untuk dapat melakukan langkah tersebut, maka Pemerintah Indonesia dapat mengambil langkah-langkah seperti pengalokasian pendanaan dan sumber daya yang memadai.

Mencakup pengadaan peralatan, kapal penelitian, dan sumber daya manusia yang terlatih dalam bidang ilmu kelautan dan geologi.

Baca juga : Prof. Tjandra: Kendalikan Flu Burung, Indonesia Bisa Manfaatkan Keketuaan ASEAN

Langkah lainnya berkolaborasi dengan lembaga penelitian di dalam negeri maupun luar negeri yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang penelitian laut dan pemetaan.

"Lakukan peningkatan kualitas SDM Indonesia terutama bagi para ilmuwan kita, ahli geologi, dan kelautan yang terlibat dalam penelitian dan pemetaan laut," tuturnya.

Baca juga : Komitmen Kapolri Lestarikan Budaya Indonesia Lewat Wayang Kulit Banjir Apresiasi

Kemudian langkah yang tak kalah pentingnya menurut Hakeng adalah penggunaan teknologi modern seperti sonar, pemindai dasar laut, dan pemetaan sidik peta.

Dimulainya kegiatan pemantauan secara terus-menerus di wilayah landas kontinen, baik melalui penggunaan stasiun pengamatan tetap, pengamatan jarak jauh melalui satelit, atau pemasangan perangkat pemantau di dasar laut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.