Dark/Light Mode

Kapolri: Polwan Harus Jadi Cooling System Pemilu 2024

Rabu, 13 September 2023 21:51 WIB
Foto: Divhumas Polri
Foto: Divhumas Polri

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri kegiatan syukuran hari jadi ke-75 Polisi Wanita (Polwan) RI di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (13/9).

Dalam hari jadi yang mengusung tema 'Polri Presisi untuk Negeri, Polwan Siap Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju', Sigit mengingatkan, Polwan harus mengambil peran penting dalam mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan lancar.

"Saya kira adalah tema yang sangat tepat dan memang ini yang menjadi tantangan kita saat ini untuk bersama-sama seluruh kekuatan yang kita miliki, untuk mewujudkan dan menyongsong Pemilu damai, yang menjadi harapan seluruh masyarakat," ujar Sigit mengawali sambutannya.

"Kita tahu bahwa saat ini kita berada di kondisi yang betul-betul harus kita jaga, apakah kita akan jalan di tempat atau kita akan take off, melompat menuju masa depan bangsa yang lebih baik," imbuhnya.

Sigit menjelaskan, dari pengalaman Pemilu sebelumnya, perbedaan pendapat, pandangan, hingga pilihan, pasti terjadi.

Namun yang penting, seluruh personel kepolisian harus mampu menjaga serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Baca juga : Prabowo-Erick Potensial Menang Di Pilpres 2024

Sigit mengungkapkan, Polri telah membentuk cooling system dalam pengamanan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Nah, Polwan punya peran dalam kegiatan tersebut agar tercipta situasi yang aman dan damai dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Saya kira di sinilah nanti peran dari rekan-rekan Polwan dengan karakter rekan-rekan yang memiliki kekhususan, ini akan sangat cocok. Ini bisa mendorong upaya cooling system kita bisa berjalan dengan lebih baik," tutur mantan Kabareskrim Polri ini.

Peran Polwan sebagai cooling system dalam Pemilu, bisa menghindarkan perpecahan di tatanan masyarakat.

Dengan persatuan dan kesatuan, visi menuju Indonesia Emas 2045 dapat terwujud.

Namun sebaliknya, bila terjadi hal yang mengganggu kamtibmas, maka akan sulit mewujudkan visi tersebut.

Baca juga : REPDEM Bertekad Menangkan Ganjar Di Pemilu 2024

"Bonus demografi harus bisa kita manfaatkan, agar bisa mendorong Indonesia keluar dari middle income trap. Namun ini juga bisa menjadi bencana demografi kalau kita tidak siap," ingat Sigit.

Selain Pemilu, Sigit mengingatkan, Polwan juga harus mengambil peran besar untuk meningkatkan serta mempertahankan kepercayaan publik terhadap institusi Polri.

Keberhasilan ini akan menjawab segala bentuk tantangan yang akan dihadapi setiap personel kepolisian.

"Sehingga mau tidak mau, kita harus terus meningkatkan, baik secara organisasi maupun pengakuan publik terhadap personal rekan-rekan, ini menjadi penting," tuturnya.

Sigit menqmbahkan, Polwan menjadi kekuatan tersendiri dalam menghadapi segala tantangan yang terjadi di masyarakat.

Bahkan, senyum Polwan dapat mencairkan situasi, sebelum permasalahan terjadi.

Baca juga : Tito Minta 9 Pj Gubernur Baru Bersikap Netral di Pemilu 2024

Sigit mengingatkan seluruh Polwan untuk terus meningkatkan kemampuan dan keahlian agar memiliki keunggulan-keunggulan.

"Kalau kita bisa selesaikan di awal dengan senyumnya Polwan semua masalah bisa selesai, Alhamdulillah. Rekan-rekan Polwan di depan juga dengan dibekali keahlian khusus, maka akan lebih baik untuk menghadapi hal-hal tersebut," beber Sigit.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sigit mengapresiasi seluruh Polwan yang terus mengukir prestasi untuk mengharumkan nama bangsa dan Polri, baik di dalam maupun luar negeri.

Sigit juga memastikan, Polri saat ini sangat menjunjung tinggi kesetaraan gender. Polwan diberikan kesempatan maupun ruang untuk menempati posisi-posisi strategis.

"Jadilah putri-putri pilihan menuju ke arah tercapainya cita-cita luhur, terciptanya masyarakat Tata Tentrem Kerta Raharja kepada negara dan bangsa, dengan semboyan esthi bhakti warapsari," pesan Sigit.

"Terus semangat, terus tunjukkan bahwa Polwan semakin hari akan semakin hebat dan akan mewarnai organisasi Polri ini dengan munculnya polwan-polwan baru di jabatan-jabatan high risk maupun jabatan-jabatan strategis," sambungnya, sekaligus menutup sambutan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.