Dark/Light Mode

Polusi Udara Jakarta Hari Ini Tidak Sehat, Yuk Cek Sebelum Ke CFD

Minggu, 15 Oktober 2023 08:57 WIB
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Foto: Rizku Syahputra/RM)
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Foto: Rizku Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagi warga Jakarta, hari Minggu sering dimanfaatkan untuk olahraga di beberapa ruas jalan yang bebas kendaran atau dikenal dengan Car Free Day (CFD). Tapi sebelum itu, cek terlebih dahulu polusi udara hari ini.

Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis situs pemantau udara IQAir.com pukul 6 pagi WIB, polusi udara di Jakarta berada di peringkat 5 terburuk di dunia.

Baca juga : Razia Tilang Uji Emisi Digeber Lagi November

Indeks Kualitas Udara (AQI) di Jakarta pagi ini mencapai 163 atau berada di zona merah, yang artinya kualitas udara tidak sehat.

Konsentrasi polutan PM 2,5 mencapai 78 µg/m³. Polutan PM 2,5 setinggi itu adalah 15,6 kali di atas pedoman kualitas udara yang dirilis Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

Baca juga : Awas! Polusi Udara Di Jakarta Pagi Ini Terburuk Keempat Di Dunia, Tangsel Parah

Selain Jakarta, kualitas udara di Tangerang Selatan, Banten juga tidak sehat. Skor AQI-nya sama, yakni 163.

Sementara yang terparah di Indonesia adalah Palembang, Sumatera Selatan dengan AQI mencapai 178.

Baca juga : Satgas Polusi Udara Jakarta Sidak Perusahaan Pakan Ternak di Jaktim

Akan tetapi jika merujuk pada Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang dirilis Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK), udara di Palembang berada di level sangat tidak sehat dengan skor 257. Yang terparah adalah Palangkaraya (279).

ISPU di Jakarta berada di level tidak sehat. Udara yang terpantau di stasiun DKI Lubang Buaya, skor ISPU berada di angka 114.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.