Dark/Light Mode

Kasus Gratifikasi Dan TPPU

Rafael Alun Beli Tanah Untuk Kado Ultah Istri

Selasa, 17 Oktober 2023 07:30 WIB
Terdakwa kasus gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucuian Uang (TPPU) Rafael Alun Trisambodo (kedua kanan) menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta. (Foto: Antara)
Terdakwa kasus gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucuian Uang (TPPU) Rafael Alun Trisambodo (kedua kanan) menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo pernah membeli tanah di Sentul, Bogor untuk hadiah ulang tahun istrinya, Ernie Mieke Torondek.

Hal itu diungkap Happy Hermawati ketika dihadirkan seba­gai saksi kasus penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Rafael.

Awalnya, jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertanya kepada Happy apakah per­nah bertemu Rafael. "Sebe­lum transaksi belum pernah," jawab Happy pada persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (16/10/2023).

Baca juga : Keluar Kantong Kanan, Masuk Ke Kantong Kiri

Happy bertransaksi dengan Rafael dalam jual beli tanah di Pangandaran Golf Nomor 18 Bukit Sentul. Rafael memberi­tahu, tanah seluas 1.153 meter persegi (m2) ini dibeli sebagai kado untuk ulang tahun istri.

"Yang beli Bu Ernie Mieke," jawab Happy.

"Siapa itu Ernie Mieke?" tanya jaksa.

Baca juga : Kabar Gembira, KAI Berikan Diskon 20 Persen Harga Tiket Untuk Disabilitas

"Di TV itu istrinya," lanjut Happy.

"Pada saat itu hubungannya apa dengan terdakwa?" jaksa kembali bertanya.

"Ngomong, 'saya mau beli tanah ibu untuk kado istri saya' gitu," imbuh saksi menirukan ucapan Rafael pada transaksi tahun 2005 lalu.

Baca juga : Kiai Se-Jateng Gelar Istighosah Dan Doa Bersama Untuk Ganjar Jelang Purnatugas

Happy mengatakan, tanah itu dimiliki sejak tahun 2000. Lalu ditawarkan melalui seorang broker bernama Dedi.

"Kemudian bagaimana proses­nya hingga terjual? Kan Saudara lewat broker?" tanya jaksa.

"Pak Dedinya telepon kalau ada pembeli. Kemudian saya disuruh datang ke Sentul gitu aja sih," cerita Happy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.