Dark/Light Mode

Profil Amran Sulaiman, Mantan Mentan Jadi Mentan Lagi, Segini Harta Kekayaannya

Rabu, 25 Oktober 2023 13:32 WIB
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Foto: Randy Tri Kurniawan)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Foto: Randy Tri Kurniawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dilantik kembali sebagai Mentan oleh presiden Jokowi di Istana Negara, tadi pagi, Rabu (25/10). Siapa sebenarnya Amran ini dan berapa harta kekayaannya?

Pelantikan Amran terbilang mengagetkan. Karena jarang-jarang menteri yang sudah dicopot kembali ke kursinya semula. Ia menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang kini tengah berurusan hukum di KPK.

Penunjukan Amran tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023 Tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024.

Siapa Amran Sulaiman?

Amran adalah seorang pengusaha yang memimpin Tiran Group, sebuah perusahaan konglomerat yang berbasis di Makassar. Usahanya sebagian besar beroperasi di wilayah Indonesia Timur. 

Selain pengusaha, Amran juga adalah dosen sekaligus ilmuan. Bagaimana tidak? Ia memegang 5 hak paten, selain tercatat sebagai dosen di Hasanuddin.

Keluarga Dan Silsilah Keturunan Amran Sulaiman

Perlu diketahui, Andi Amran Sulaiman merupakan anak ketiga dari dua belas bersaudara. Ayah dari adalah seorang veteran yakni Andi B. Sulaiman Dahlan Petta Linta. Sementara nama ibunya adalah Andi Nurhadi Petta Bau. 

Baca juga : Dilantik Jokowi Hari Ini, Amran Sulaiman Resmi Jadi Mentan Lagi

Jika merujuk pada catatan silsilah, silsilah keturunan Amran berlatar belakang orang terpandang. Ia adalah keturunan raja Bone ke-23.

Darah kepemimpinan itu tak hanya mengalir ke dirinya, yang memegang tampuk pimpinan Kementerian Pertanian untuk kedua kalinya. Adik Amran juga merupakan orang nomor dua di Sulawesi Selatan, yakni Andi Sudirman Sulaiman. Ia terpilih menjadi Wakil Gubernur di pilkada 2018.

Istri Amran bernama Martati. Keduanya memiliki empat anak yang semuanya diberi nama depan Andi. 

Harta Kekayaan

Pada tahun 2019, Amran, yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Pertanian, melaporkan harta kekayaannya sebagai pejabat negara. Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2019, total kekayaan Amran mencapai Rp 279 miliar.

Dalam rincian tersebut, sebagian besar kekayaan Amran terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp 42 miliar. Properti ini mencakup tanah dan bangunan di Makassar serta Kabupaten Gowa. Amran juga memiliki alat transportasi dan mesin senilai Rp 3,4 miliar, termasuk berbagai mobil.

Harta bergerak lainnya senilai Rp 281 juta, surat berharga senilai Rp 205 miliar, serta kas dan setara kas mencapai Rp 28 miliar. Namun, Amran juga memiliki hutang sebesar Rp 293 juta.

Baca juga : Amran Sulaiman Bakal Jadi Mentan Lagi, Foto Siap-Siap Ke Istana Sudah Beredar

Dengan demikian, total kekayaan Amran pada tahun tersebut mencapai sekitar Rp 279 miliar. Pada saat itu, Amran masih menjabat dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019 sebagai Menteri Pertanian.

Biodata

Lahir: 27 April 1968, Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia

Partai Politik: Independen

Alma mater: Universitas Hasanuddin

Riwayat Pendidikan

- SD Impres 10 Mappesangka, Bone

- SMP Negeri Ponre, Bone

Baca juga : Setelah Subang, Plt Mentan Dampingi Presiden Panen Raya Di Indramayu

- SMA Negeri Lappariaja, Bone

- Sarjana Fakultas Pertanian Unhas 1988-1993

- Magister Ilmu Pertanian Unhas 2002-2003

- Doktor Ilmu Pertanian Unhas 2008-2012

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.