Dark/Light Mode

Sidang Praperadilan Penetapan Tersangka

KPK Beberkan “Dosa-dosa” Eks Menteri Pertanian SYL

Rabu, 8 November 2023 07:30 WIB
Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id)
Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id)

 Sebelumnya 
Syahrul meminta penyelesaianpembayaran kebutuhannya ke­pada Sekjen Kasdi Subagyono, Staf Khusus Imam Rozi dan Fahmi, ajudan Panji Haryanto dan Hatta.

Untuk keperluan mendesak, eselon 1 dan 2 memberikan dana kepada Karina. Lalu diserahkan pada ajudan Sekjen bernama Merdian Tri Hadi atau ajuden Menteri.

Baca juga : Polisi Segera Gelar Perkara Tetapkan Tersangka Kasus Pemerasan SYL

Jika ada keperluan Syahrul yang mendesak, Biro Umum membayar lebih dulu dari dana pinjaman Koperasi Pertanian, uang kas atau bendahara. “Atau meminjam kepada vendor dengan bunga 1-2 persen saat pengembalian, karena terdapat perintah agar pembayaran diselesaikan dulu sesuai jam yang ditentukan,” ungkap anggota Tim Biro Hukum KPK, Togi.

Total dana yang dikumpulkan untuk membayar keperluan Syahrul dan keluarganya sebesarRp 13,9 miliar. Rinciannya, dari Biro Umum Rp 6,8 miliar; Barantan Rp 5,7 miliar; Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Rp 1,4 miliar.

Baca juga : Jumat, Polda Metro Panggil Ketua KPK Terkait Kasus Dugaan Pemerasan SYL

Kemudian, Kasdi lewat ajudannya bernama Merdian, menerima uang secara rutin dari Biro Umum berkisar 4 ribu hingga 10 ribu dolar Amerika Serikat.

Dana itu lalu digunakan untuk keperluan Syahrul dan keluarganya. Rinciannya untuk membayar keperluan umroh Syahrul dan keluarga, serta pejabat Kementan sebesar Rp 1,4 miliar.

Baca juga : Komit Hadirkan Pembangunan Berkualitas, Ganjar Akan Maksimalkan Peran Periset

Kemudian, untuk sumbangan atau bantuan kepentingan partai sebesar Rp 1,27 miliar. Syahrul berasal dari Partai NasDem.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.