Dark/Light Mode

MUI Nilai Putusan MKMK Penuhi Tuntutan Perasaan Publik

Rabu, 8 November 2023 19:41 WIB
Wakil Ketua Wantim MUI Pusat, KH. Zainut Tauhid Saadi. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Wantim MUI Pusat, KH. Zainut Tauhid Saadi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, KH. Zainut Tauhid Sa'adi meminta, seluruh pihak menghormati Putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) terkait dugaan pelanggaran etik seluruh hakim konstitusi dalam perkara uji materi uji materi perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang syarat batas usia Capres-Cawapres dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Semua pihak hendaknya menerima dan menghormati putusan MKMK yang kami nilai sudah memenuhi rasa keadilan, kepatutan dan sudah sesuai dengan tuntutan perasaan publik," imbau Zainut dalam keterangannya kepada RM.id, Rabu (08/11/2023).

MUI, lanjut Zainut, menghormati dan mengapresiasi seluruh anggota MKMK yang telah melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, transparan, obyektif, independen dan kepatuhan kepada kaidah hukum yang berlaku. "Sehingga dapat menghasilkan putusan yang sangat bijak," tuturnya.

Baca juga : Minta Hormati Putusan MKMK, Partai Garuda: Semua Pihak Sudah Gunakan Haknya

MUI mengajak kepada semua pihak untuk dapat mengambil hikmah dari peristiwa hukum tersebut. MUI menilai bahwa masyarakat Indonesia sudah semakin dewasa dalam berpolitik dan memiliki kesadaran hukum yang sangat tinggi.

Sehingga dapat melalui masalah politik yang sangat krusial dengan tetap mengedepankan proses hukum tanpa menimbulkan gejolak sosial politik yang berarti.

"Putusan MKMK telah menyadarkan kepada kita bahwa sebagai negara hukum kita harus tunduk, patuh dan setia kepada norma dan ketentuan hukum yang berlaku agar kehidupan masyarakat berjalan dengan tertib, aman, damai, tentram dan stabil," imbaunya.

Baca juga : Jubir TPN Ganjar Heran Putusan MK Tetap Berlaku

MUI juga mengajak semua pihak khususnya para tokoh agama, tokoh politik, dan tokoh pemerintahan untuk terus menjaga kondusifitas kehidupan masyarakat menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kepada para tokoh dan elit politik untuk mengedepankan budaya politik dan demokrasi yang santun, dilandasi nilai-nilai luhur, akhlakul karimah dan berkeadaban. Berperilaku proporsional dan tidak berlebihan, baik dalam menyampaikan pendapat maupun kritik, sehingga tidak menimbulkan polemik dan kegaduhan," ajaknya.

"Semoga pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berjalan dengan aman, lancar, jurdil dan menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat," doanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.