Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Gelar Halaqah Kebangsaan

Ulama Hingga Kiai Se-Sukabumi dan Bogor Sepakat Dukung Ganjar-Mahfud

Senin, 13 November 2023 17:43 WIB
Perkumpulan ulama hingga kiai pimpinan pondok pesantren Ponpes se-Sukabumi dan Cianjur Jawa Barat Jabar sepakat mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 dan Mahfud MD sebagai Wakil Presiden 2024. (Foto: Ist)
Perkumpulan ulama hingga kiai pimpinan pondok pesantren Ponpes se-Sukabumi dan Cianjur Jawa Barat Jabar sepakat mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 dan Mahfud MD sebagai Wakil Presiden 2024. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkumpulan ulama hingga kiai pimpinan pondok pesantren (Ponpes) se-Sukabumi dan Cianjur Jawa Barat (Jabar) sepakat mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 dan Mahfud MD sebagai Wakil Presiden 2024.

Ulama yang berjejaring dalam Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia itu menyampaikan dukungannya pada Halaqah Kebangsaan di Ponpes Riyadhotul Ikhlas, Kampung Cikareo RT 002/007, Desa Parakansalak, Kecamatan Prakansalak, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Minggu (12/11/2023).

KH Kamaludin selaku Pimpinan Ponpes Riyadhotul Ikhlas mengatakan, halaqah kebangsaan digelar sebagai ruang diskusi untuk menentukan pemimpin terbaik bangsa Indonesia di masa depan.

Berdasarkan hasil halaqah, para ulama hingga kiai di Sukabumi dan Cianjur sepakat mendukung Ganjar-Mahfud sebagai pemimpin Indonesia selanjutnya karena memiliki visi misi yang jelas soal ekonomi kerakyatan dan penegakkan hukum.

Baca juga : Apa Hubungan Pemilu Damai dan Shalawat? Ini Jawaban Mahfud MD

“Pak Ganjar tentang perekonomian, Pak Mahfud MD tentang hukum. Kita harapkan ekonomi semakin maju, kemudian penegakkan hukum juga lebih kuat agar warga masyarakat terbantu,” kata KH Kamaludin.

Lebih lanjut KH Kamaludin menjelaskan, pihaknya menilai Ganjar Pranowo adalah sosok pemimpin merakyat yang mengagas program-program kerakyatan terbaik selama memimpin Jawa Tengah (Jateng) dua periode.

Selain itu, kata KH Kamaludin, Ganjar punya karakter tegas dan berani yang cocok untuk memimpin bangsa Indonesia ke depan sebagai Presiden RI periode 2024 - 2029.

“Kemudian kepada calon wakil presiden kita Bapak Mahfud, beliau sudah sangat  teruji sebagai pendekar penegakkan hukum. Mudah-mudahan harapan kita semua ini dapat terwujud,” kata dia.

Baca juga : Relawan Jaga Mahfud Beberkan Alasan Syari Dukung Ganjar-Mahfud

Sementara, KH Deden Sulaiman selaku Pimpinan Ponpes Darul Misbah menilai Ganjar-Mahfud merupakan pasangan pemimpin lengkap yang punya karakter nasionalis dan religius.

Dengan karakter dan track record keduanya, KH Deden optimistis Ganjar-Mahfud akan membawa kemajuan bagi seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia pada umumnya, khususnya pondok pesantren.

“Melihat dari latar belakangnya, terus dari karakteristik beliau-beliau itu saya yakin bisa mewakili, merepresentasikan harapan masyarakat terutama dari kalangan pondok pesantren,” katanya.

KH Deden berharap, Ganjar-Mahfud selalu memperhatikan masyarakat kecil, termasuk para ulama, kiai, dan santri di pesantren-pesantren. Terlebih mereka yang berada di wilayah terpencil Indonesia.

Baca juga : Luki Hermawan: Kiai Khos Nahdliyin Dukung Ganjar-Mahfud

“Harapan kami sebagai warga masyarakat dan pondok pesantren, mudah-mudahan nanti terpilihnya Ganjar Pranowo dan Mahfud MD itu bisa menyalurkan program-program yang langsung pada masyarakat yang di bawah, terutama pondok pesantren yang ada di kampung-kampung dan pelaosok yang notabene ponpes yang masih kecil,” tuturnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.