Dark/Light Mode

Butuh Etika Digital Dalam Bermedsos

Senin, 4 Desember 2023 14:09 WIB
Seminar Literasi Digital. (Foto: ist)
Seminar Literasi Digital. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Digitalisasi memaksa masyarakat agar melek teknologi. Namun, semakin luas jangkauan interaksi jangan bikin perpecahan. 

"Dalam bermedia sosial, sebaiknya kita posting yang penting bukan yang penting posting agar ruang digital kita tetap terjaga keamanan dan kerukunannya," kata Pegiat Literasi Digital dari Relawan TIK, Luq Yana Chaerunnisa pada seminar Literasi Digital di Kecamatan Ujung Batu, Rokan Hulu, Riau. 

Baca juga : Bank Mandiri Gelar Edukasi Keuangan Digital Di Kalangan Mahasiswa

Adapun pemahaman prinsip-prinsip etika diperlukan dalam penggunaan teknologi. "Beberapa isu etika digital meliputi privasi online, keamanan data, kebebasan berbicara di internet, perlindungan anak-anak dalam ruang digital, dan keadilan dalam akses teknologi," tutur Luq.

Etika digital juga mencakup pertimbangan etika dalam pengembangan teknologi baru seperti kecerdasan buatan (AI), data besar (big data), dan terkait keamanan siber.

Baca juga : IKN Butuh 9,5 Juta Ton Baja, Industri Dalam Negeri Siap Pasok

"Etika digital memandu kita dalam membuat keputusan yang bertanggung jawab dan etis dalam penggunaan teknologi tersebut," tandas Luq.

Sementara itu, Pegiat Literasi Digital lainnya, Abbas Abdurrahman menjelaskan pentingnya memahami dan kemampuan dalam bermedia di dunia digital. "Kita harus terus belajar agar dapat beradaptasi dengan kemajuan digital," ucap Abbas. 

Baca juga : SMRC Bantah Survei Yang Dikutip Andre Rosiade Di Medsos

Ditambahkan, digital skills berupa kemampuan dasar seperti penggunaan komputer dan internet. "Seperti pemograman, pengembangan situs web, analisis data, serta keahlian dalam desain grafis, pengolahan gambar, dan pengeditan video," jelas Abbas. 

Digital skills tentu harus beradaptasi dengan modernisasi teknologi yang terus update. Adapun kegiatan Literasi Digital ini bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dihadiri 500 orang secara luring dari 10 kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.