Dark/Light Mode

Panglima Mutasi Pati TNI, Kapuspen, Pangdam, Elit BIN Dan Lemhanas Tukar Posisi

Selasa, 19 Desember 2023 15:15 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto melakukan perombakan besar-besaran di tubuh TNI. Ada 183 perwira tinggi (pati) yang terdampak promosi dan mutasi. 

Mutasi pati TNI kali ini mengganti posisi kepala pusat penerangan (Kapuspen) TNI, elit Badan Intelijen Negara (BIN), Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) hingga jabatan sejumlah panglima daerah militer (Pangdam).

Rotasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor Kep/1470/XII/2023 yang diteken kemarin, Senin (18/12).

Berikut beberapa perwira tinggi yang dirotasi dari dan ke jabatan-jabatan strategis:

Pusat Penerangan TNI

   - Laksamana Muda TNI Julius Widjojono, yang sebelumnya menjabat kepala pusat penerangan TNI, kini menjadi staf khusus Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Jamin Pasokan BBM Dan LPG Sepanjang Nataru

   - Brigjen TNI R. Nugraha Gumilar naik pangkat dan mengisi posisi kepala pusat penerangan TNI dari posisi staf ahli kepala staf TNI Angkatan Darat (kasad).

Rotasi Pangdam

   - Mayjen TNI Widi Prasetijono yang sebelumnya menjabat Pangdam IV/Diponegoro mendapatkan promosi menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Dankodiklatad).

Penggantinya adalah Mayjen TNI Tandyo Budi Revita yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kabadiklat) Kementerian Pertahanan (Kemhan).

- Mayjen TNI Totok Imam yang sebelumnya menjabat Pangdam XIV/Hasanuddin dirotasi menjadi Direktur Pascasarjana Universitas Pertahanan (Unhan)

Penggantinya adalah Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun yang sebelumnya menjabat Komandan Sekolah Calon Perwira TNI AD (Dansecapaad).

Pensiun dan Pergantian di TNI AU

Baca juga : Dorong Literasi Digital Nakes, Kunci Sukses Pelayanan Kesehatan Indonesia

   - Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto kembali ke Markas Besar TNI AU untuk persiapan pensiun dari posisi Sekretaris Jenderal Kemhan.

Rotasi Di Lemhannas

   - Letjen TNI Eko Margiyono pindah dari Dankodiklat TNI menjadi Wakil Gubernur Lemhannas, menunggu keputusan resmi dari presiden.

   - Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah mengisi posisi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat TNI) dari posisi Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Rotasi Di BIN

   - Brigjen TNI Sunaryo, yang sebelumnya Direktur Amerika dan Eropa BIN, kini menjadi Agen Intelijen Ahli Madya Direktorat Asia Pasifik BIN.

   - Brigjen TNI Andrianus Suryo Agung N, dari Direktur Maluku dan Papua BIN, menjadi staf ahli bidang ideologi dan politik BIN.

Baca juga : Di Sidang Parlemen Dunia Sukamta Minta Penghentian Perang Di Gaza Masuk Resolusi

   - Kolonel Chb I Wayan Sueda menjadi Direktur Maluku dan Papua BIN.

   - Brigjen TNI Leo Rajendra Ratna Begum, sebelumnya Kabinda Kalimantan Timur, mutasi sebagai agen intelijen ahli madya pada Direktorat Maluku dan Papua BIN.

   - Kolonel Inf. Bobby Prabowo, dari Kasubdit Sulawesi Wilayah II BIN, naik pangkat sebagai Direktur Sulawesi dan Nusa Tenggara BIN.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.