Dark/Light Mode

Indef Desak Ketiga Capres Tumpas Illegal Fishing

Rabu, 27 Desember 2023 21:26 WIB
Ekonom Institute for Development of Economics and Finance Indef, Esther Sri Astuti. Foto: Istimewa
Ekonom Institute for Development of Economics and Finance Indef, Esther Sri Astuti. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Esther Sri Astuti mengatakan masih banyak kebutuhan nelayan yang harus diselesaikan kandidat Capres-Cawapres 2024, selain memutihkan kredit macet seluruh nelayan di Indonesia.

"Pertama, bisa diberikan subsidi BBM untuk kapalnya agar bisa menangkap ikan," kata Esther, dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Dia bilang, BBM merupakan amunisi terpenting nelayan. Tanpa BBM, mereka tidak bisa melaut. Karena itu, peserta Pilpres perlu memastikan agar suplai BBM bersubsidi ke nelayan tetap aman.

Baca juga : Debat Cawapres, Rapor Gibran Paling Kinclong

"Kedua bisa diberikan subsidi suku bunga bagi nelayan yang mau membuka usaha mengolah, kemudian menjualnya produk laut. Sehingga akses ke modalnya bisa mudah," tambah Esther.

Terlebih lagi, ketiga Capres-Cawapres perlu membimbing nelayan untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

"Lalu memberikan bimbingan teknis pasca penangkapan ikan dengan teknologi, sehingga ikan dan produk laut bisa dijual dengan harga lebih tinggi," usulnya.

Baca juga : Setelah Debat Cawapres, Medsos Makin Berisik

Esther juga menyoroti kejadian penangkapan ikan secara ilegal. Ini, ditegaskan dia, harus ditumpas agar nelayan setempat sejahtera.

Sebab, bingkai pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kelautan berada pada model ekonomi biru. Yaitu pemberdayaan sumber daya laut yang berkelanjutan.

Tujuannya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, pelestarian ekosistem laut, dan menciptakan lapangan kerja.

Baca juga : TKN Tegaskan Debat Cawapres Bukan Soal Menang Dan Kalah

"Jadi ekonomi berkeadilan artinya pemberdayaan sumber daya laut untuk pertumbuhan ekonomi yang adil, sehingga tidak ada ketimpangan ekonomi," terang Esther.

Sebelumnya, kesejahteraan nelayan menjadi salah satu topik yang dibahas Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo di debat Pilpres perdana, beberapa waktu lalu.

Jika terpilih menjadi Presiden, Ganjar berjanji akan memutihkan kredit macet seluruh nelayan di Indonesia. Langkah afirmatif itu dinilai Ganjar penting direalisasikan agar nelayan lebih produktif dan semakin sejahtera.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.