Dark/Light Mode

Mahfud Belum Buat Surat Pengunduran Diri

Sabtu, 27 Januari 2024 08:00 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Antara)
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Pengganti Mahfud

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, dua opsi yang bisa diambil Jokowi jika Mahfud mundur dari Menko Polhukam. Dua opsi itu, kata Ma'ruf, Jokowi akan menunjuk seseorang sebagai Menko Polhukam definitif atau pejabat sementara.

"Nanti Presiden akan mempertim­bangkan apa memang perlu Menko baru atau sementara dijabat oleh sampai akhir, itu nanti hak prerogatif Presiden," kata Ma'ruf di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (26/1).

Baca juga : Mahfud Mendapat Gelar Adat Batin Perkasa Saibani Niti Hukum

Ma'ruf menganggap, tak ada ma­salah bila Mahfud ingin mundur dari Menko Polhukam. Bagi Ma’ruf, itu hak setiap menteri di kabinet.

Namun, ia memastikan, keputusan soal pengganti Mahfud nanti merupa­kan hak prerogatif Jokowi.

Ma'ruf berharap tak terjadi gang­guan di kabinet Indonesia Maju jika itu terjadi.

Baca juga : SEVA Perkenalkan Fitur Pengurusan Surat Kendaraan Secara Online

Lalu apa kata pengamat? Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dibaca dari pernyataan Mahfud untuk mundur. Pertama, secara institusional Mahfud ingin menjaga marwah kabinet.

“Karena intensif dikritik oleh publik soal netralitas dan profesionalitas di tengah para Capres dan Cawapres yang masih memiliki jabatan publik,” katanya.

Kedua, secara elektoral susah di­pungkiri bahwa elektabilitas Ganjar-Mahfud dalam sejumlah hasil survei, sedang masuk dalam tren penurunan. Pasangan ini, seringkali kalah diban­ding pasangan Capres-Cawapres lainnya, yakni Prabowo-Gibran maupun Anies-Imin. “Sehingga membutuhkan gebrakan dan fokus atas narasi baru,” nilai Agung.

Baca juga : Mahfud Tanggapi Saran Ganjar Mundur Dari Menko Polhukam

Di sisi lain, Agung menilai, pernyataan Mahfud sekedar gimmick poli­tik, karena niatnya untuk mundur tak segera dieksekusi. Sehingga menjadi antiklimaks.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 27/1/2024 dengan judul Mahfud Belum Buat Surat Pengunduran Diri    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.