Dark/Light Mode

Menteri Nadiem Dukung Program Sekolah Jurnalisme Indonesia Dan Praktisi Mengajar

Selasa, 6 Februari 2024 20:57 WIB
Menteri Nadiem Dukung Program Sekolah Jurnalisme Indonesia Dan Praktisi Mengajar

 Sebelumnya 
Mendikbudristek menggarisbawahi pentingnya menguatkan integritas para wartawan muda.

Hal tersebut berkenaan dengan peran dan tanggung jawab wartawan sebagai pendidik bagi masyarakat.

“Rekan-rekan wartawan, khususnya para wartawan muda, perlu menyadari bahwa perannya bukan hanya mempublikasikan berita. Misi yang ingin dicapai adalah mendidik masyarakat. Wartawan punya peran yang sama pentingnya dengan guru, yakni menjadi pendidik,” kata Nadiem.

Baca juga : Sekolah Jurnalisme Indonesia Lahirkan Jurnalis Berkelas Dan Berintegritas

Nadiem menambahkan, sekarang para wartawan dari PWI dapat mengajar di kampus dengan dukungan pembiayaan dari Kemendikbudristek.

"Melalui kerja sama ini, saya optimistis Indonesia akan memiliki generasi wartawan muda yang kompeten dan berintegritas tinggi," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, turut menyambut baik penyelenggaraan SJI.

Baca juga : Dukung Sport Tourism, Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Livery Pocari Sweat

Menurutnya, kurikulum yang diajarkan dapat melahirkan jurnalis-jurnalis yang berintegritas dan multitasking.

Multitasking sangatlah diperlukan oleh wartawan masa kini. Di zaman sekarang, wartawan tidak hanya dituntut bisa menulis, tetap juga menguasai foto dan video. Tentunya kami berharap program SJI akan melahirkan penulis-penulis berkualitas, serta fotografer dan videografer yang andal,” ujar Pj Gubernur Jawa Barat.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, mengungkapkan, SJI tahun 2024 merupakan lanjutan dari program yang sebelumnya telah diselenggarakan pada tahun 2016.

Baca juga : Wiranto Dukung Prabowo: Sisa Hidupnya Tinggal untuk Mengabdi

Dia menambahkan bahwa program SJI tahun 2024 merupakan program peningkatan kompetensi dan wawasan bagi wartawan yang kurikulumnya senantiasa disesuaikan dengan perkembangan dan perubahan zaman.

Acara pembukaan SJI Angkatan Satu Tahun 2024 juga diisi dengan penandatanganan surat kesepakatan antara PWI dengan lima kampus di Bandung yang meliputi Universitas Pasundan, Universitas Islam Bandung, Universitas Widyatama, Universitas Padjadjaran, dan UIN Sunan Gunung Jati Bandung untuk pelaksanaan program Praktisi Mengajar Kampus Merdeka.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.