Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Forum Militer Bongkar Kejanggalan Hoaks Surat Diplomatik Tuduhan Prabowo Korupsi

Jumat, 9 Februari 2024 21:53 WIB
Cuitan akun Forum Militer membongkar kejanggalan haoks surat diplomatik tuduhan Prabowo korupsi. (Foto: Istimewa)
Cuitan akun Forum Militer membongkar kejanggalan haoks surat diplomatik tuduhan Prabowo korupsi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum militer di sosial media X mengungkap berita bohong (hoaks) yang dilontarkan akun anonim @_P0c1_1m0eTWibu, Jumat (9/2). Akun tersebut merespons unggahan 'surat diplomatik' yang menuduh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan korupsi dalam pengadaan pesawat Mirage 2000-5 yang faktanya hingga kini belum dibeli pemerintah.

Forum edukasi militer dari akun @tweetmiliter yang saat ini memiliki 73 ribu pengikut, menganalisis lebih jauh mengenai 'dokumen' tersebut. Akun yang fokus membahas bidang pertahanan dan militer itu meragukan keasliannya.

Mereka mengungkap ada banyak kejanggalan dalam dokumen itu. Salah satunya adalah kalimat yang digunakan dalam dokumen yang disebut 'rahasia' itu. Mulai dari bahasa yang digunakan hingga belum terjadinya pembelian pesawat tersebut oleh Indonesia.

Akun @tweetmiliter juga mempertanyakan hoaks itu, karena membahas pesawat yang unitnya belum dimiliki Indonesia karena pembeliannya ditunda pemerintah.

Baca juga : E-commerce Dongkrak Penjualan Rianty Batik Hingga 25 Persen

"Lemot ah kayak internet gratisan. Barang yang diomongin aja nggak ada bentuknya di Indonesia," cuit @tweetmiliter.

"Belum lagi sintaks kalimat Bahasa Inggris di 'telegram rahasia' yang tidak terlihat seperti sintaks American English," lanjutnya.

Akun @twitmiliter juga mengendus dugaan kebohongan lain dari 'dokumen rahasia' yang dimuat @_P0c1_1m0eTWibu. Mereka menemukan sejumlah kalimat yang tercantum, sama persis dengan dokumen yang terbit belasan tahun lalu.

"Ada temuan menarik mengenai 'diplomatic cable' ini. Coba bandingkan 2 diplomatic cable yang terpisah hampir 15 tahun ini. Banyak sekali kesamaan kata-kata di dalamnya, terutama di bagian yg dilingkari," lanjut @tweetmiliter, sembari menyertakan bukti.

Baca juga : Ganjar: Program Makan Siang Gratis Atasi Stunting Prabowo Kurang Tepat

Mereka pun mengingatkan masyarakat, khususnya para pengikutnya, untuk tidak mudah terpancing pada kabar tak berdasar jelang Pilpres 2024. "Hati-hati ya, menjelang hari H pencoblosan, banyak disinformasi berkeliaran."

Cuitan @twitmiliter, yang membongkar dugaan hoaks akun @_P0c1_1m0eTWibu didukung warganet X. Sebagian mereka turut menyayangkan munculnya hoaks tersebut.

"Barang belum ada bahkan belum deal kok langsung dibilang korupsi," tulis akun @asrliiiii, sembari menyertakan emoji menangis.

"Hahahaha masih banyak yang ngobok-ngobok via jalur militer ya," cuit @Nebuchanedzar_I.

Baca juga : Keluarga Besar Bani Falaq Ikut Habib Luthfi Dukung Prabowo-Gibran

"Itu sudah satu juta tayangan. Ngeri kali hoax-nya. Kasih community notes kali yah," kata akun @nostradamus006.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.