Dark/Light Mode

Sri Mul Ngibrit Tak Mau Diwawancara

Selasa, 13 Februari 2024 08:05 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Dok. Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Dok. Kemenkeu)

 Sebelumnya 
Belakangan ini, isu Sri Mul mundur dari kabinet berhembus kencang. Isu ini makin membesar usai Sri Mul dikabarkan bertemu dengan Presiden RI ke-5 sekaligus Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Di sebuah acara talkshow di televisi, Mega menjelaskan soal pertemuannya dengan Sri Mul. Namun, Mega mengaku tidak setuju jika Sri Mul mundur. Mega khawatir, kalau Sri Mul mundur, ekonomi bisa goyang.

“Kalau semua hanya saya suruh mundur saja, yang rugi siapa? Bangsa dan negara. Apalagi, yang namanya seperti Menteri Keuangan,” kata putri Bung Karno ini saat menjadi narasumber di acara ROSI, Kamis (8/2/2024).

Baca juga : Benny Ramdhani Bantah Arahkan TKI Dukung Salah Satu Capres

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah memahami soal sikap Sri Mul yang belakangan ini terkesan mengindar. Menurutnya, Sri Mul memang bukan politisi parpol yang piawai berkata-kata saat diterpa masalah.

“Aktifitas bertemu Megawati, termasuk menghindari dialog, menunjukkan Sri Mulyani memang ada niatan keluar kabinet. Terlebih, bukan sekali dua kali ia nyatakan beban keuangan negara yang cukup berat,” kata Dedi.

Ia menduga, Sri Mul sebenarnya memang sudah tak nyaman di kabinet. Namun, dia sekuat tenaga untuk bertahan dan tetal fokus bekerja. “Makanya dia terkesan menghindar untuk menutupi ketidaknyamanan itu,” kata Dedi.

Baca juga : Tjandra Yoga Aditama: Jangan Sampai Memaksakan Diri

Di media sosial, banyak warganet yang menyarankan Sri Mul untuk mengundurkan diri. “Mundur jeng @srimulyani, IMF sudah menantimu untuk bertugas. Kembalilah ke sana,” kata @tampakgeram. “Mending ibu Sri Mulyani berhenti dulu jadi Kemenkeu takut nanti kena getahnya,” timpal @Poling1000.

“Kasihan Bu Sri Mulyani. Mau mundur, tapi nggak diperbolehkan sama Bu Mega. Bu Mega mengajarkan beretika untuk tidak mundur di suasana kondisi Indonesia saat ini,” ucap @itswe2716. “Jika mundur perkonomian Indonesia berat. Gak mundur makan hati,” cuit @_reaverheaven.

Ada juga warganet yang menafsirkan gaya Sri Mul saat ini karena ingin kembali ke kantor lamanya. “Mundur jeng @srimulyani, IMF sudah menantimu untuk bertugas. Kembalilah ke sana,” kata @tampakgeram, ngomporin. “Sri Mulyani jangan mundur. Kalau bisa terus menjabat sebagai menteri keuangan sampe akhir hayat. Karena Investor sudah sangat percaya jika menteri keuangan adalah Sri Mulyani,” ulas @Lathif_S.

Baca juga : Masdalina Pane: Petugas KPPS Perlu Istirahat Bergantian

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 13 Februari 2024 dengan judul Sri Mul Ngibrit Tak Mau Diwawancara

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.