Dark/Light Mode

Prabowo Ubah TKN Jadi Gerakan Solidaritas Nasional, Rosan Jadi Ketua

Selasa, 26 Maret 2024 16:32 WIB
Ketua TKN Prabowo-Gibran Rosan Roeslani. (Foto: Ist)
Ketua TKN Prabowo-Gibran Rosan Roeslani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden terpilih, Prabowo Subianto, mengajukan permintaan agar Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran mengalami perubahan menjadi Gerakan Solidaritas Nasional. Ketua TKN Prabowo-Gibran Rosan Roeslani dipilih menjadi ketua gerakan tersebut.

Hal tersebut Ia sampaikan saat acara berbuka puasa bersama TKN Prabowo-Gibran di Jakarta pada Senin (25/3/2024) malam dimana Gibran Rakabuming Raka, wakil presiden terpilih, juga hadir dalam kesempatan tersebut.

"Jadi kalau sudah demikian, bagaimana kita mandaulat ketua TKN langsung saja menjadi ketua Gerakan Solidaritas Nasional, bagaimana? Setuju? Perlu voting atau tidak? Nanti ada alasan yang bilang tidak demokratis," ujar Prabowo.

Baca juga : Akbar: Sudah Tepat Prabowo Jadikan Rosan Ketua GSN

Prabowo sebelumnya menyampaikan bahwa masa kerja TKN Prabowo-Gibran secara otomatis berakhir setelah berakhirnya Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Meskipun demikian, sebagai ketua umum Partai Gerakan Indonesia Raya, ia berharap agar TKN Prabowo-Gibran dapat bertransformasi menjadi sebuah paguyuban, sehingga hubungan silaturahmi antaranggota tetap terjaga.
 
"Pak Rosan dan para teman-teman sekalian, TKN memang harus berakhir karena kampanye sudah selesai. Tapi paguyuban ini saya mohon jangan bubar," kata Prabowo.

"Saya mengusulkan paguyuban ini kita beri nama Gerakan Solidaritas Nasional," sambungnya.

Baca juga : Prabowo-Gibran Terpilih, Asosiasi Sawit Harapkan Hilirisasi Makin Kuat

Prabowo menyatakan bahwa TKN yang dia ajukan untuk bertransformasi menjadi Gerakan Solidaritas Nasional adalah sebuah kesatuan komunitas, sebuah gerakan yang terdiri dari beragam latar belakang etnis, agama, ras, wilayah geografis, dan lapisan masyarakat yang bersatu dalam perjalanan menuju cita-cita Indonesia emas.

Menanggapi usul dari Prabowo, semua yang hadir mengungkapkan rasa setujunya. Rosan kemudian bangkit dari tempat duduknya dan memberikan penghormatan kepada semua peserta acara.

Sehari setelahnya, melalui akun Instagram pribadinya, Rosan menyampaikan rasa syukur atas tanggung jawab baru tersebut.

Baca juga : Kubu Prabowo-Gibran Optimis Menang Lawan Gugatan Di MK

"Dengan rasa syukur yang mendalam, saya menerima amanah ini. Terima kasih kepada Presiden Terpilih Indonesia, Bapak @prabowo, atas kepercayaannya. Kami akan melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas ini. Mohon doa dan dukungan dari semua teman," demikian tulis Rosan dalam akun Instagram pribadinya, Prabowo tidak hanya mengusulkan Rosan sebagai ketua gerakan, tetapi juga mengusulkan agar presiden ke-8 RI yang akan datang menjadi ketua dewan pembina Gerakan Solidaritas Nasional. 
"Dan nanti ketua dewan pembinanya adalah Presiden Republik Indonesia ke-8," kata Prabowo.

Dengan diketahui bahwa Prabowo-Gibran telah terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, ini berarti Prabowo hanya perlu menunggu waktu pelantikan untuk menggantikan Jokowi sebagai Presiden ke-7 RI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.