Dark/Light Mode

Jokowi-Mega Belum Silaturahmi Lebaran

Rabu, 17 April 2024 08:20 WIB
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Setpres)

 Sebelumnya 
Lagi-lagi, Hasto menyindir soal kontestasi Pilpres. Menurutnya, pertemuan hanya terjadi dengan pihak yang memperjuangkan kepentingan bangsa.

“Kami menjadi benteng demokrasi, sehingga pertemuan hanya dilakukan terhadap orang-orang yang memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara, kedaulatan rakyat. Itu yang memperjuangkan demokrasi,” tegasnya

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) ikut berkomentar soal Jokowi-Mega yang belum silaturahmi Lebaran. Kata JK, saat ini semua pihak menunggu pertemuan kedua tokoh bangsa.

“Tunggu saja, tunggu saja,” kata mantan ketua umum Partai Golkar ini di kediamannya Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2024).

Baca juga : Teroris Papua Dinamai OPM, Panglima TNI Banjir Dukungan

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai, pertemuan Jokowi dengan Mega sulit terwujud dalam waktu dekat. Mengingat, hubungan keduanya sedang tidak baik-baik saja.

Bahkan, Qodari menyebut, saat ini adalah titik terendah hubungan Jokowi dengan Mega. Khususnya jika bicara dari sisi Mega. Hal itu ditengarai perbedaan pilihan politik saat Pilpres 2024.

Mega mendukung dan mengajukan Ganjar Pranowo. Sementara Jokowi yang notabene kader PDIP, justru bersama Prabowo.

“Hal ini membuat hubungan Megawati dengan Jokowi menjadi tidak baik-baik saja,” katanya.

Baca juga : Ganjar Siap Ketemu Gibran

Apakah keduanya akan bertemu? Qodari menyebut, tergantung Mega. Menurutnya, Jokowi fine-fine saja untuk bertemu. Namun, melihat rekam jejak yang ada, pertemuan sulit terwujud.

Kondisi ini sangat mirip dengan hubungan Mega dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Pak SBY mau nggak ketemu dengan Bu Megawati, mau. Kalau menurut saya, tapi kan Bu Meganya nggak mau,” ungkap Qodari.

Tidak baiknya hubungan Mega dengan SBY sudah berjalan 20 tahun. Sehingga, bukan mustahil, kondisi seperti ini akan terjadi antara Mega dengan Jokowi.

“Jadi bukan mustahil sampai ke depan, selanjutnya memang tidak akan terjadi pertemuan antara Megawati dan Jokowi,” pungkasnya. n MEN

Baca juga : Para Menteri Cemas

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 17 April 2024 dengan judul Jokowi-Mega Belum Silaturahmi Lebaran

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.