Dark/Light Mode

Satu-satunya Hakim Perempuan MK Ini Diharap Jadi Dewi Keadilan

Sabtu, 20 April 2024 21:34 WIB
Hakim konstitusi Prof. Enny Nurbaningsih. Foto: Istimewa
Hakim konstitusi Prof. Enny Nurbaningsih. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Hakim konstitusi Prof. Enny Nurbaningsih diharapkan menjadi Dewi Themis atau Dewi Keadilan dalam pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024, Senin (22/4/2024).

Dosen dan advokat lulusan School of Law University of Warwick, Inggris, TM Luthfi Yazid menilai, Prof. Enny sebagai satu-satunya hakim perempuan memiliki peran penting.

Baca juga : PLN Siapkan SPKLU di Banyak Lokasi, Pemudik: Pakai Mobil Listrik Jadi Nyaman!

"Beliau satu-satunya hakim MK perempuan saat ini yang mempunyai peran sangat penting pada sengketa Pilpres yang akan diputuskan 22 April 2024 nanti," kata Luthfi dalam keterangannya, Sabtu (20/4/2024).

Luthfi berharap, Prof. Enny jadi Dewi Themis atau Dewi Keadilan dalam mitologi Yunani. Themis akan menutup mata dan menebas dengan pedangnya kepada siapa pun yang menghalangi keadilan.

Baca juga : Dasco: Pertemuan Dengan Megawati Inisiatif Pribadi Rosan Roslani

Dewi Themis menegakkan keadilan meskipun langit runtuh atau fiat justitia ruat caelum

"Sekaligus di momentum Hari Kartini, sebabai Raden Ajeng Kartini, Prof. Enny akan menyingkap tabir yang menyelubungi nilai-nilai kebenaran. Kata Kartini, habis gelap terbitlah terang," ujar Luthfi.

Baca juga : Herman Suryatman Dilantik Jadi Sekda Jabar

Diingatkan, delapan hakim MK akan bikin putusan penting yang akan dicatat sejarah. Ini merupakan momentum emas bagi MK untuk bisa mengembalikan marwah setelah selama ini lembaga tersebut banyak dililit berbagai persoalan hukum.

"Sejak hakim MK Akil Mochtar, Patrialis Akbar yang keduanya masuk bui, lalu paling belakangan Ketua MK Anwar Usman yang dianggap melakukan pelanggaran etika berat terkait persyaratan Cawapres," ingat Luthfi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.