Dark/Light Mode

Anugerah Lifetime Achievement IKALUIN Award 2024 Buat Cak Nur

Minggu, 26 Mei 2024 21:41 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (kedua kiri) menyerahkan Lifetime Achievement IKALUIN Award 2024 kepada Alm Prof Nurcholish Madjid (Cak Nur), yang  secara simbolis diterima oleh istri Alm Cak Nur, Ommy Komariah Madjid (kedua kanan). [Foto: Rizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id]
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (kedua kiri) menyerahkan Lifetime Achievement IKALUIN Award 2024 kepada Alm Prof Nurcholish Madjid (Cak Nur), yang secara simbolis diterima oleh istri Alm Cak Nur, Ommy Komariah Madjid (kedua kanan). [Foto: Rizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id]

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendiang Prof. Dr. Nurcholish Madjid (Cak Nur), menjadi penerima penghargaan Lifetime Achievement dari Ikatan Alumni UIN (IKALUIN) Award 2024. Penghargaan ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dan secara simbolis diterima oleh istri Cak Nur, Ommy Komariah Madjid di Auditorium Harun Nasution, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Gus Yaqut --sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas-- menegaskan, UIN Jakarta memang sudah melahirkan banyak tokoh besar. Salah satunya, Cak Nur. “Tanpa kehadiran beliau, cara pandang umat Islam Indonesia tidak akan seperti yang kita temui sekarang, yang sangat moderat, toleran dan memahami perbedaan," ungkapnya.

Baca juga : Jaksa Agung Keras Ke Luar Tegas Ke Dalam

Terselenggaranya penganugerahan IKALUIN Award 2024 ini juga diapresiasi Gus Yaqut. Dia menilai, anugerah ini menjadi sarana yang menginspirasi alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, juga perguruan tinggi lainnya.

"Bagaimana penghargaan yang diberikan itu bisa memacu seseorang untuk terus berprestasi di masa depan. Saya berharap acara ini akan tetap terus dilaksanakan, dan IKALUIN bisa menjadi stok pemimpin hebat," ujarnya.

Ketua Umum IKALUIN Jakarta, Dr. Ace Hasan Syadzily (kiri) dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Asep Saepudin Jahar (kanan) saat mendampingi Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas di acara IKALUIN Award 2024. [Foto: Rizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id]

Baca juga : Suparno Djasmin Raih Penghargaan Lifetime Achievement dari APPI

Sementara Ketua Umum IKALUIN Jakarta, Dr. Ace Hasan Syadzily menyatakan, IKALUIN Award ini merupakan bentuk apresiasi kepada alumni, yang dinilai memiliki kontribusi nyata bagi kehidupan bangsa dan negara.

"Acara ini merupakan tradisi yang dijalankan untuk memberikan apresiasi kepada alumni, yang bekerja dengan dedikasi tanpa pamrih, namun memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat," jelas Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini.

Baca juga : Bamsoet Terima Automotive Lifetime Achievement International Stuntman

Hajatan IKALUIN Award 2024 ini turut dihadiri Plt Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Abu Rokhmad; Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Asep Saepudin Jahar; Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah, serta Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Mokhamad Mahdum.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.