Dark/Light Mode

Soal Posisi Politik PDI Perjuangan

Tunggu Pelantikan Presiden

Selasa, 28 Mei 2024 07:30 WIB
Politisi Banteng, Masinton Pasaribu
Politisi Banteng, Masinton Pasaribu

RM.id  Rakyat Merdeka - Sikap politik PDI Perjuangan (PDIP) terhadap Pemerintahan baru, masih samar. Sejumlah indikator diungkapkan. Di antaranya, menunggu Presiden terpilih dilantik hingga Pemerintahannya terbentuk.

“PRESIDEN terpilih belum dilantik (definitif) dan Pemerintahannya juga belum terbentuk," kata politisi Banteng, Masinton Pasaribu, di Jakarta, kemarin.

Ketua Organizing Committe Rakernas V PDIP ini mengamini, kegiatan Rakernas tiga hari di Ancol belum lama ini belum me­nentukan posisi politik partainya akan berada di dalam atau di luar Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dijelaskan, keputusan itu bersifat strategis. Oleh karena itu akan diputuskan dalam kongres partai.

Baca juga : Indonesia Berupaya Pangkas Kesenjangan Ekonomi Digital

“Posisi politik PDIP terhadap Pemerintahan yang akan datang, merupakan hal yang bersifat strategis, dan selama ini selalu diputuskan dalam Kongres Partai,” katanya.

Mantan aktivis 98 ini menganalogikan, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri se­dang melakukan seni bernegara, dengan belum memutuskan tegas posisi partainya terhadap Presiden terpilih. Asumsinya, segala keputusan harus dipertim­bangkan secara rasional.

"Politik adalah seni yang melibatkan proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi bagaimana suatu negara atau Pemerintahan yang akan datang dijalankan. Sebagai seni bernegara, Bu Mega dalam mengambil keputusan yang bersifat strategis pastinya atas pertimbangan rasional dan yang terbaik buat masa depan demokrasi yang saat ini mengalami kemunduran," ucapnya.

Baca juga : PAN Tak Gentar Hadapi Ahok

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri, bicara sikap politik PDIP berada di dalam atau luar Pemerintahan selanjutnya. Dia menilai, sikap politik PDIP terkait Pemerintahan ke depan perlu perhitungan.

Hal tersebut, disampaikan Mega saat pidato penutupan Rakernas V PDIP di Beach International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5). Pada kesempatan ini, Mega tak menyampaikan sikap PDIP di Rakernas.

"Lah ini kan juga, kan 'Sikap politik partai berada di dalam atau di luar pemerintahan', gitu kan. Lah iya, loh enak ae. Kalau menit ini saya ngomong, hi-hi, kan harus dihitung secara politik," katanya.

Baca juga : Baznas Didorong DPR Bisa Bangunkan Raksasa Tidur

Mega berkelakar, banyak pihak yang menunggu sikap politik PDIP di dalam atau luar Pemerintah. Dia menyebut akan 'memainkan dulu' soal sikap politik. "Aku sambil sarapan gitu kan, aku bilang he-he enak aja, ya dong. Gua mainin dulu dong," kelakarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.