Dark/Light Mode

Disdik Larang Study Tour Pelajar Ke Luar Kota

Yuk Kita Ke Pulau Seribu, Destinasinya Keren Lho...

Selasa, 28 Mei 2024 06:50 WIB
Wisatawan lokal sedang santai sambil menikmati keindahan Pantai Perawan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. (Foto: IG/pulauseribuofficial)
Wisatawan lokal sedang santai sambil menikmati keindahan Pantai Perawan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. (Foto: IG/pulauseribuofficial)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta melarang sekolah menggelar study tour ke luar kota, karena membebani orangtua siswa dan berisiko. Sebagai penggantinya, politisi Kebon Sirih menyarankan, mengeksplorasi Kepulauan Seribu.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menilai, sekolah-sekolah bisa menjadikan Kepulauan Seribu untuk study tour. Wilayah ini masih berada di Jakarta dan mudah diakses dengan angkutan umum yang aman.

“Jadi tidak perlu melaku­kan perjalanan yang jauh dan berisiko,” kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin di Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Baca juga : Si Ular Besar Gagal Bawa Poin Penuh

Menurut dia, banyak pulau di Kepulauan Seribu dapat di­manfaatkan untuk menikmati keindahan pemandangan dan semilir angin laut. Bahkan, bisa menjadi wisata edukatif bagi para siswa sekolah.

Seperti diketahui, Kepulauan Seribu memiliki sejumlah pulau yang menawarkan keindahan alam. Seperti Pulau Harapan yang dikenal dengan spot snor­keling yang paling eksotis. Selanjutnya Pulau Tidung memiliki jembatan cinta dan Pulau Pari, terkenal memiliki wisata budidaya hutan mangrove.

Kemudian, di Pulau Pramuka terdapat penangkaran penyu, di Pulau Bidadari terdapat wisata sejarah seperti prasasti tua, benteng dan sisa bangunan rumah sakit di zaman Kolonial Belanda.

Baca juga : Menang 1 Lagi, Mavs Juara

“Masih banyak yang lainnya. Jakarta nggak kalah, bahkan yang di luar Jakarta saja nga­dain study tour ke Jakarta, karena sudah lengkap semua,” ujarnya.

Politisi Partai Keadilan Se­jahtera (PKS) ini mendorong Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta bersama Pemerintah Kabupaten Kepu­lauan Seribu menggencarkan promosi sejumlah destinasi pariwisata.

Promosi tersebut dapat di­lakukan dengan langsung ke sekolah-sekolah di Jakarta, terutama pada saat menyambut musim libur sekolah untuk men­dongkrak kunjungan wisatawan.

Baca juga : Pejabat Kementan Dipalak

“Karena saat ini (promosi) masih kurang, tidak dipahami oleh guru-guru dan anak-anak sehingga mereka memilih ke luar kota. Bikinlah promosi yang menarik agar mereka berminat,” sarannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.