Dark/Light Mode

Sepakati Kerja Sama R&D Dengan Fakultas Teknik UGM

Airlangga Minta CNGR Dukung Energi Baru RI

Selasa, 28 Mei 2024 07:00 WIB
Menko Airlangga Kunjungi Fasilitas Terintegrasi CNGR Advanced Material di Basis Industri Qinzhou China, Sepakati Kerjasama R&D dengan Fakultas Teknik UGM. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian
Menko Airlangga Kunjungi Fasilitas Terintegrasi CNGR Advanced Material di Basis Industri Qinzhou China, Sepakati Kerjasama R&D dengan Fakultas Teknik UGM. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian

RM.id  Rakyat Merdeka - CNGR adalah salah satu grup perusahaan besar di China yang bergerak di industri pengolahan nikel dari hulu sampai hilir.

Dalam kunjungan tersebut, Airlangga diterima oleh Chair­man CNGR Deng Wei Ming.

CNGR merupakan perusa­haan yang memimpin pengem­bangan dan inovasi di bidang energi material, dan diakui sebagai The World Leader in New Energy Materials,” kata Airlangga dalam keterangan resmi Kemenko Perekonomian, Senin (27/5/2024).

Baca juga : Yuk Kita Ke Pulau Seribu, Destinasinya Keren Lho...

Dalam obrolannya dengan Deng Wei, Airlangga mendorong agar CNGR membantu pengem­bangan Research and Develop­ment (R&D) material untuk energi baru yang bekerja sama dengan perguruan tinggi, dalam hal ini Fakultas Teknik Univer­sitas Gadjah Mada (FT UGM).

Melalui kerja sama ini, nanti­nya akan dipersiapkan pendirian Metal Energy R&D Center atau Pusat Riset dan Pengembangan Material Energi.

UGM akan mendorong pengembangan Engineering Research Innovation Center, yang saat ini penelitiannya lebih banyak mengenai recycling, rare earth element dan deposit mate­rial di Indonesia.

Baca juga : Si Ular Besar Gagal Bawa Poin Penuh

“Dengan adanya dukungan CNGR, diharapkan lebih fokus ke material untuk energi baru,” harap Airlangga.

Sementara, Deng Wei juga mengungkapkan komitmennya kepada Airlangga.

“CNGR berkomitmen bekerja sama dengan universitas ter­kemuka di Indonesia dalam pengembangan diversifikasi teknologi industri material untuk energi baru di Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Menang 1 Lagi, Mavs Juara

Untuk diketahui, sebagai in­dustri terintegrasi dalam pengolahan nikel, CNGR memproduksi Sintesa Prekursor Terner Nikel Elektrolitik.

CNGR merencanakan untuk menanamkan investasi sebesar Rp 168,2 triliun dalam 20 tahun ke depan. Dan sejak tahun 2021 sudah melakukan investasi Rp 32,1 triliun di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.