Dark/Light Mode

Batalkan Kenaikan UKT

Nadiem, Gitu Dong!

Selasa, 28 Mei 2024 08:20 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi di Istana, Senin (27/5/2024). (Foto: Humas Kemendikbudristek)
Mendikbudristek Nadiem Makarim memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi di Istana, Senin (27/5/2024). (Foto: Humas Kemendikbudristek)

 Sebelumnya 
Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf akan terus memantau pembatalan kenaikan UKT. Sebab, yang dinyatakan dibatalkan adalah kenaikan UKT untuk tahun ini saja, bukan untuk tahun ini dan tahun depan.

“Ini langkah yang baik yang dilakukan pemerintah. Dan kita akan tetap pantau karena di sini dikatakan untuk tahun ini tidak naik. Jadi apakah tahun depan naik atau tidak, kita akan pantau,” jelas Dede.

Ia menjelaskan, saat ini Komisi X DPR sedang membuat pembiayaan pendidikan. Semua pihak nantinya bisa melihat jika ada kebutuhan menaikkan biaya, maka faktor apa saja yang memengaruhi dan berapa besarnya dapat diketahui.

Baca juga : Sumut Jadi Pertarungan Residu Pilpres

“Kita apresiasi apa yang dilakukan Pemerintah saat ini. Sesuai dengan harapan daripada raker Komisi X kemarin,” tutur politisi Demokrat ini.

Di samping itu, Dede juga merasa Jokowi sangat mendengarkan sekali apa yang terjadi akhir-akhir ini.

“Maka dari itu saya yakin Presiden juga akan meminta Menteri untuk menyelesaikan dengan cara yang baik dan sesuai juga dengan harapan dari para mahasiswa dan Komisi X untuk membatalkan Permendikbudristek 02/2024 atau menunda kenaikan UKT,” urainya.

Baca juga : Banteng Mulai Galak

Mendengar kebijakan ini, netizen mengapresiasi Nadiem. “Alhamdulillah masih dipake hati nuraninya,” sahut @MugniFadilR. Yang bener mah nggak cuman batalkan, tapi diupayakan tarif flat normal,” sambar @caxophony.

“Semoga ada langkah adil buat rekan-rekan calon mahasiswa yang kemarin sempat mundur dari rencana kuliahnya karena UKT yang mahal,” pinta @Agung182.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 28 Mei 2024 dengan judul Batalkan Kenaikan UKT, Nadiem, Gitu Dong!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.