Dark/Light Mode

KPK Cecar Pengacara Dan Mahasiswa Soal Keberadaan Harun Masiku

Jumat, 31 Mei 2024 11:38 WIB
Gedung KPK. (Foto: Ist)
Gedung KPK. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus mencari buronan kasus dugaan suap PAW Anggota DPR, Harun Masiku. Selama dua hari kemarin, Rabu (29/5/2024) dan Kamis (30/5/2024), tim penyidik komisi antirasuah memeriksa dua orang saksi untuk mencari keberadaan eks caleg PDI Perjuangan itu.

Keduanya adalah pengacara Simeon Petrus dan mahasiswa bernama Hugo Ganda.

“Keduanya hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan keberadaan dari tersangka HM (Harun Masiku),” ungkap Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Jumat (31/5/2024).

Baca juga : LAN Kembali Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan Kategori Sangat Memuaskan

Selain itu, keduanya juga didalami penyidik soal dugaan adanya pihak tertentu yang melindungi Harun Masiku.

“Sehingga menghambat proses pencarian dari tim penyidik,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Kamis 28 Desember 2023, KPK telah memeriksa Anggota KPU periode 2017-2022 Wahyu Setiawan untuk mencari keberadaan Harun Masiku.

Baca juga : Alat Pengencangan Wajah Berbasis AI Resmi Hadir di Indonesia

Rumah kediaman Wahyu di Banjarnegara, Jawa Tengah, juga telah digeledah penyidik KPK.

Harun Masiku diduga menyuap Wahyu Setiawan. Suap diberikan dirinya menjadi Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP untuk menggantikan Nazarudin Kiemas yang meninggal pada Maret 2019.

Dia menjadi buronan sejak 2020. KPK sempat menyatakan Harun Masiku berada di luar negeri, tetapi Polri dan Imigrasi menyatakan Harun berada di dalam negeri jika melihat data perlintasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.