Dark/Light Mode

Periksa Mahasiswa, KPK Cari Pihak Yang Ngumpetin Harun Masiku

Senin, 3 Juni 2024 15:46 WIB
Gedung KPK (Foto: Ist)
Gedung KPK (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus memburu buronan kasus dugaan suap PAW Anggota DPR, Harun Masiku. Sejumlah pihak diperiksa untuk mencari informasi soal keberadaannya.

Teranyar, tim penyidik komisi antirasuah memeriksa mahasiswa bernama Melita De Grave untuk mengorek informasi tentang Harun Masiku, Jumat (31/5/2024) pekan lalu.

“Saksi hadir dan tim penyidik masih terus mendalami dugaan adanya pihak-pihak yang diduga mengamankan keberadaan dari tersangka HM (Harun Masiku),” ungkap Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Senin (3/6/2024).

Baca juga : Mahasiswa Doakan Nikson Pimpin Sumut Di 2024

Sebelum Melita, penyidik telah memeriksa dua orang saksi lain, yakni pengacara bernama Simeon Petrus dan mahasiswa bernama Hugo Ganda pada 29 dan 30 Mei pekan lalu.

Keduanya dicecar terkait keberadaan Harun Masiku. Selain itu, didalami juga dugaan adanya pihak yang mengganggu penyidikan kasus eks caleg PDIP tersebut.

“Juga soal dugaan adanya pihak tertentu yang melindungi tersangka dimaksud sehingga menghambat proses pencarian dari tim penyidik,” tutur Ali.

Baca juga : KPK Cecar Pengacara Dan Mahasiswa Soal Keberadaan Harun Masiku

Sebelumnya, pada Kamis 28 Desember 2023, KPK telah memeriksa Anggota KPU periode 2017-2022 Wahyu Setiawan untuk mencari keberadaan Harun Masiku.

Rumah kediaman Wahyu di Banjarnegara, Jawa Tengah, juga telah digeledah penyidik KPK.

Harun Masiku diduga menyuap Wahyu Setiawan. Suap diberikan dirinya menjadi Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP untuk menggantikan Nazarudin Kiemas yang meninggal pada Maret 2019.

Baca juga : Menperin Nggak Tahu Isi Kontainer Yang Numpuk: Semoga Bukan Barang Jadi

Dia menjadi buronan sejak 2020. KPK sempat menyatakan Harun Masiku berada di luar negeri, tetapi Polri dan Imigrasi menyatakan, dia berada di dalam negeri jika melihat data perlintasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.