Dark/Light Mode

Perdhoki Sumsel Terbentuk

BPKH Harap Layanan Kesehatan Calon Jamaah Haji Lebih Maksimal

Selasa, 18 Juni 2024 18:29 WIB
Kepengurusan Perhimpunan Dokter Haji Indonesia (Perdhoki) wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) masa bakti 2023-2026 dilantik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Palembang, Sabtu (15/06/2024) . Foto: Istimewa
Kepengurusan Perhimpunan Dokter Haji Indonesia (Perdhoki) wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) masa bakti 2023-2026 dilantik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Palembang, Sabtu (15/06/2024) . Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepengurusan Perhimpunan Dokter Haji Indonesia (Perdhoki) wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) masa bakti 2023-2026 dilantik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Palembang, Sabtu (15/06/2024) .

Anggota Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Indra Gunawan yang menghadiri acara pelantikan tersebut mengatakan keberadaan Perdhoki dinilai sangat membantu peran dan fungsi dari BPKH.

Menilik UU Nomor 34 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji, BPKH berkewajiban untuk melakukan efisiesi, rasionalisasi dan peningkatan pelayanan ibadah haji.

Baca juga : 6 Bandara AP II Sukses Berangkatkan 95.255 Calon Jemaah Haji

Indra berharap, Perdhoki Sumsel dapat memainkan peran penting terutana memberikan masukan kepada Kementerian Agama terkait pelayanan kesehatan calon jemaah haji.

"Tahun 2023 saja angka kematian jemaah haji hampir mencapai 800 jamaah, kita inginkan angka ini mengalami penurunan. Adanya kenaikan biaya haji, seharusnya pelayanan kesehatan juga lebih maksimal sehingga berdampak pada turunnya resiko kematian yang disebabkan masalah kesehatan," tuturnya.

Dia juga mengapresiasi terbentuknya Perdhoki Sumsel dan berharap disusul dengan wilayah-wilayah lainnya terutama di wilayah Sumatera yang baru terbentuk di 4 Provinsi.

Baca juga : Anwar Abbas: Untuk Keselamatan, Jemaah Haji Lansia Lebih Baik Ikut Skema Murur

"Mudah-mudahan pengurus wilayah lainnya juga ikut terbentuk, dengan demikian pengabdian kita dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh para calon jamaah haji," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Dokter Haji (Perdokhi) Sumsel dr Irawan Sastradinata mengatakan, saat ini klinik haji di Palembang baru ada satu di Pertamina Plaju Palembang.

Ditambahkannya, jumlah klinik haji di Kota Palembang, Sumsel, akan diperbanyak. Hal ini dilakukan agar calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci dapat dengan mudah berkonsultasi tentang penyakit yang di derita.

Baca juga : Wamenkes: Pangan Yang Sehat Dan Aman Bisa Cegah Berbagai Penyakit

"Baru ada satu klinik haji di Palembang, di Pertamina Plaju dan ini setelah Perdokhi Sumsel dilantik dengan masa jabatan 2023-2026, akan ditambah lagi klinik haji yakni RS YK Madira, RS Fatimah dan RS Siti Fatimah Palembang," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.