Dark/Light Mode

PKB Dan Nasdem Masih Tanda Tanya

Anies-Sohibul Belum Aman

Kamis, 27 Juni 2024 08:10 WIB
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu memberikan keterangan terkait Pilkada Jakarta di Jakarta, Selasa (25/6/2024).
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu memberikan keterangan terkait Pilkada Jakarta di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

 Sebelumnya 
Sementara, Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengklaim sudah bicara kepada PKB dan NasDem terkait pasangan AMAN untuk Pilgub Jakarta. “Kalau soal kesepakatan, itu urusan lain nanti,” sebut Habib Aboe.

Aboe meyakini satu paket calon yang sudah diumumkan PKS untuk Pilkada 2024 tidak akan membatasi hak parpol koalisi. Menurutnya, komunikasi masih terbuka lebar.

“Nggak ada yang nge-blok. Nanti komunikasi masih terbuka semua,” sambung anggota Komisi III DPR itu.

Baca juga : Miris, 1.000 Wakil Rakyat Main Judol

Soal persetujuan parpol lain kepada pasangan AMAN, khususnya PKB yang sudah menyatakan dukungan kepada Anies, Aboe enggan mengomentari lebih jauh. Menurutnya, Pilkada Jakarta masih sangat dinamis. “Kita lihat saja nanti, tapi untuk sementara ini yang berkembang Anies-Sohibul Iman,” bebernya.

Diketahui, PKS awalnya memutuskan Sohibul Iman sebagai Cagub DKI Jakarta. Namun, selang 2 hari keputusan itu dikoreksi. PKS kemudian mendeklarasikan duet Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilkada Jakarta. Pasangan yang disingkat AMAN ini dideklarasikan langsung Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Selasa (25/6/2024).

Syaikhu mengklaim, dukungan ini diputuskan dengan mempertimbangkan usulan dari DPW PKS DKI Jakarta, dan mendengar masukan para tokoh ulama, cendekiawan, serta masyarakat. Sebagai partai pemenang Pileg 2024 di Jakarta, tidak ada salahnya jika PKS mengusung kadernya sendiri.

Baca juga : KIM Belum Kompak Untuk Pilgub DKI, Jabar, Jateng

Sementara itu, pengamat politik yang juga Direktur LIMA Ray Rangkuti menganggap PKS terlalu buru-buru memasangkan Anies-Sohibul Iman. Menurutnya, keputusan ini justru akan merugikan PKS pada Pilkada 2024.

“Tidak ada situasi eksternal yang menghendaki PKS untuk buru-buru mendeklarasikan Anies-Iman, lebih karena perdebatan internal PKS sendiri,” kata Ray.

Ray mengatakan menduetkan Anies- Sohibul sama dengan menduetkan dua orang bersaudara. Ia menyebut tak ada nilai tambah bagi pasangan ini karena Anies dan Sohibul berada di ceruk suara yang sama. UMM

Baca juga : Syaiful Huda: Membangun Koalisi Jadinya Lebih Rumit

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 1 & 7, edisi Kamis, 27 Juni 2024 dengan judul "PKB Dan Nasdem Masih Tanda Tanya Anies-Sohibul Belum Aman"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.