Dark/Light Mode

Tol Layang Japek Macet, YLKI Desak Pemerintah Evaluasi Manajemen Trafik

Minggu, 22 Desember 2019 15:41 WIB
Ilustrasi Tol Layang Jakarta-Cikampek (Foto: Firsty Hestyarini/RM)
Ilustrasi Tol Layang Jakarta-Cikampek (Foto: Firsty Hestyarini/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengaku tak kaget dengan kemacetan di Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) saat long weekend. Tulus bilang, hal itu telah ia prediksi jauh-jauh hari.

Seperti diketahui, pada Sabtu (21/12) malam, Tol Layang Cikampek macet total selama dua jam. Buntutnya, arus lalu lintas menuju Tol Layang ditutup sementara.

Baca juga : Jalan Tol Layang Japek Bakal Dilengkapi 4 Parking Bay

"Ini artinya, saat Tol Layang Japek dibangun, tidak mempertimbangkan berbagai kemungkinan. Termasuk, jika ada kendaraan mogok di Tol Layang. Bisa jadi, petugas tol tidak sigap mengatasi masalah saat terjadi kendaraan mogok, dan volume trafik sedang tinggi-tingginya," ujar Tulus melalui keterangan tertulisnya, Minggu (22/12).

Tulus menilai, dengan kejadian seperti ini, fungsi utama Tol Layang Japek untuk mengatasi kemacetan saat libur panjang, menjadi muspro alias sia-sia.

Baca juga : Tutup Tahun, Pemerintah Realisasikan Program Santripreneur

Terkait hal itu, YLKI mendesak agar pemerintah - dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Kepolisian - mengevaluasi manajemen trafik saat long weekend, seperti libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), serta libur Idul Fitri.

Selain itu, perlu dipertimbangkan adanya emergency exit, misalnya di km 25. Sehingga, pengguna tol tidak tidak tersandera di jalan tol selama berjam-jam. Ini bisa membahayakan keamanan dan keselamatan pengguna tol.

Baca juga : Pemerintah Batasi Kecepatan Truk

"Jangan sampai Jalan Tol Layang ini menjadi produk gagal," tandas Tulus. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.