Dark/Light Mode

Saalah Yusuf Sutan Mangkuto

Perintis Islam Berkemajuan Yang Dibenci Komunis

Selasa, 7 Januari 2020 22:25 WIB
Fikrul Hanif Sufyan, Pemerhati Sejarah Lokal Sumatera Barat. (Foto: Dok. Pribadi)
Fikrul Hanif Sufyan, Pemerhati Sejarah Lokal Sumatera Barat. (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hampir seabad, gerakan Islam Berkemajuan di Sumatera Barat, telah menorehkan tinta emas dalam pengembangan amal usaha. Juga melahirkan tokoh-tokoh yang berkompetisi di pentas nasional dan internasional.

Satu dari sekian tokoh perintis Muhammadiyah yang menarik dibicarakan adalah Saalah Yusuf Sutan Mangkuto. Tokoh ini barangkali tidak tenar dalam lembar sejarah nasional.

Namun, para peneliti seperti Taufik Abdullah, Murni Djamal, Deliar Noer, Audrey Kahin, dan lainnya justru kerap membicarakannya. Bahkan, ulama sekelas Hamka pun dalam beberapa karyanya sering mengapungkan nama Saalah.

Baca juga : Ini 3 Jurus Utama Pemerintah Buat Dongkrak Ekonomi

Terutama yang berhubungan dengan gerakan Islam Modernis dan Muhammadiyah di Minangkabau. Laki-laki kelahiran Nagari Pitalah Afdeling Tanah Datar pada 1901 itu, dikenal luas sebagai perintis Islam Berkemajuan di Padang Panjang tahun 1926.

Pada masa itu, perjuangannya cukup berat. Terutama berhadapan dengan otoritas adat, dan kelompok propagandis Kuminih (Komunis).

Pasca dirintis di Sungai Batang pada 1925, yang telah kembali merantau dari tanah Jawa, mendirikan Perkumpulan Tani di kampung asalnya pada Agustus 1925.

Baca juga : Pertamina Pastikan Pembangunan Kilang Alami Kemajuan Signifikan

Saalah dinilai berani mengambil risiko besar, mengingat nagari Pitalah merupakan basis groep Sarekat Rakyat Padang Panjang.

Versi Taufik Abdullah dan Murni Djamal -mengutip dari Hamka, menyebut asal Muhamadiyah Cabang Padang Panjang bermula dari kisah Khaibul Ummah.

Murid-murid yang mengikuti perkumpulan itu, mereka belajar teknik dakwah, kemudian menerbitkan pidatonya dalam Khatibul Ummah –yang diterbitkan Muhammadiyah Padang Panjang (Hamka, 1971: 77-78; Mailrapport 1453x/1927).

Baca juga : Kasus Suap Krakatau Steel, Perantara Divonis Lebih Berat Ketimbang Direktur

Namun dilihat dari kroniknya, tidaklah tepat. Karena waktu itu, Muhammadiyah belum resmi berdiri di Padang Panjang. Ketika Saalah ingin mengubah perkumpulannya, memang penuh intrik dan memicu konflik dengan otoritas Pitalah.

Mereka ingin organisasi itu, langsung di bawah lembaga adat Pitalah, dan seluruh kegiatan berada di mesjid nagari. Untuk mengurus izin persyarikatan, Saalah harus melalui urusan yang berbelit.

Mulai dari penghulu nagari, ulama Naqsyabandiyah, dan guru-guru agama. Intrik penolakan terhadap embrio Cabang Padang Panjang, sebenarnya sudah terendus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.