Dark/Light Mode

Gandeng YLKI, Transjakarta Bikin Posko Layanan Konsumen

Kamis, 9 Januari 2020 10:13 WIB
Ilustrasi Bus Transjakarta melintas di jalur khusus di Jl. Sudirman, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ilustrasi Bus Transjakarta melintas di jalur khusus di Jl. Sudirman, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai angkutan masal berbasis jalan raya, Transjakarta makin eksis dan makin digandrungi warga Jakarta.

Terbukti, jumlah penumpang yang terangkut per harinya mengalami peningkatan signifikan. Rata-rata 850 ribu penunpang per hari. Bahkan, pernah dalam satu hari tertentu, mencapai angka 990 ribuan.

Ini menunjukkan Transjakarta sebagai moda transportasi massal semakin efisien bagi warga Jakarta, plus Jabodetabek.

Baca juga : Gojek Galang Dana Untuk Korban Banjir

Apalagi, setelah Transjakarta membangun konektivitas dengan angkutan feeder/pengumpan, bernama Jaklingko. Namun, itu tak berarti performa pelayanan Transjakarta tak memiliki kekurangan.

Dalam hal ini, manajemen Transjakarta wajib untuk terus meningkatkan pelayanan kepada penggunanya. Mata dan telinga konsumen sebagai pengguna Transjakarta, tentu lebih awas dan teliti menemukan berbagai bentuk kekurangan tersebut.

Terkait hal itu, YLKI bekerja sama dengan PT Transjakarta membuka "Posko Pengaduan Konsumen Transjakarta", selama satu bulan penuh di bulan ini, Januari 2020.

Baca juga : Banjir Bikin Harga Pangan Melambung

"Posko ini bertujuan menampung berbagai bentuk keluhan/pengaduan Transjakarta. Keluhan dan pengaduan ini bukan saja akan ditindaklanjuti, tetapi juga sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan Transjakarta. Keluhan dan pengaduan tersebut juga akan ditindaklajuti dalam sebuah forum dialog yang melibatkan konsumen, manajemen PT Transjakarta, regulator, dan stakeholder lainnya," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/1).

Keluhan dan pengaduan konsumen bisa disampaikan melalui berbagai akses WhatsApp 081290009999, Telepon (021) 798 1059/58, Twitter: @YLKI_ID, Facebook: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), dan Instagram: @YLKI_ID.

Keluhan dan pengaduan konsumen juga dapat disampaikan langsung ke Kantor YLKI: Jl. Pancoran Barat VII No. 1 Duren Tiga, Jakarta Selatan 12760, Telepon 021.7971378.

Baca juga : Bantu Korban Banjir Jakarta, Baznas Bazis DKI Buka Posko

"Keluhan dan pengaduan konsumen, akan sangat bermakna bagi manajemen Transjakarta dalam meningkatkan pelayanan. Sehingga, sebagai angkutan massal, Transjakarta akan semakin handal, dan manusiawi bagi penggunanya," pungkas Tulus. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.