Dark/Light Mode

Pedagang UMKM Gembira Dilibatkan di Cap Go Meh TMP

Sabtu, 8 Februari 2020 12:55 WIB
Suasana stand UMKM di acara Cap Go Meh TMP di PIK, Jakarta, Jumat malam (7/2). (Foto: Istimewa)
Suasana stand UMKM di acara Cap Go Meh TMP di PIK, Jakarta, Jumat malam (7/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Puluhan pelaku UMKM yang menggunakan gerobak dan berjualan di sekitar Pantai Indah Kapuk (PIK) merasa senang bisa dilibatkan dalam acara Cap Go Meh Taruna Merah Putih (TMP), di Jakarta, Jumat malam (7/2). Hal ini misalnya disampaikan Denis (26), penjual batagor. Pria yang baru menikah ini merasa terbantu dengan kegiatan Cap Go Meh ini. Ia biasanya keliling di sekiat PIK untuk berjualan dengan rata-rata per hari 60 porsi.     

"Dengan dilibatkan dalam acara TMP ini, saya bikin 150 porsi. Tidak harus keliling," kata Denis, di Foodstreet Golf Island, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. 

Hal senada disampaikan Wawan (22), yang biasa berjualan batagor di Kompleks Camar PIK. Pemuda yang  sudah berjualan batagor selama 2 tahun ini merasa terbantu dengan diajak dalam kegiatan PIK.  

Baca juga : Pedagang Keluhkan Perda KTR Bogor

"Senang juga karena bisa banyak kenalan dengan sesama pedagang. Ternyata ketemu dengan satu kampung saja di Majalengka," ungkap Wawan, sambil menunjuk Yudis, yang berjualan kupat tahu.      

Subhi (35), pedagang ketupat sayur asal Pemalang juga menyampaikan hal sama. Ia senang sekali bisa dilibatkan dalam kegiatan TMP ini. Pelibatan ini sangat membantu pendapatannya. "Semoga diajak terus dalam setiap kegiatan TMP," ungkap Subhi.      

Ketua Umum TMP Maruarar Sirait, mengatakan bahwa dalam semua kegiatan TMP harus senantiasa melibatkan pelaku usaha UMKM. Selain untuk ikut meningkatkan ekonomi rakyat. juga wujud dari saling gotong royong.        

Baca juga : Mantan Relawan Go Prabu Doakan Adian Cepat Sembuh

"Dalam setiap acara kita usahakan gotong royong, termasuk dengan palaku UMKM," ungkap Ara, demikian ia disapa.      

Acara Cap Go Meh yang dihadiri ribuan orang ini berlangsung sangat meriah. Ad banyak aksi yang ditampilkan. Salah satu aksi yang ditampilkan adalah aksi bela diri Wing Chun. Selain Wingchun, juga ditampilkan Cai Sen Ya, Liong, Baronsai. Taici, Wushu dan Tabuh Gendang. Aksi-aksi silat pun dipertontonkan oleh banyak perguruan kung fu yang tergabung dalam Konfederasi Kung Fu Indonesia.  Acara di tengah hujan ini kian meriah dengan kehadiran artis top ibu kota Edo Kondologit dan Yennie Han.

Acara ini dihadiri para tokoh nasional. Selain hadir Ketua Umum TMP Maruarar Sirait juga hadir puteri almarhum Gus Dur, Inayah Wahid. Hadir pula pendiri Agung Sedayu Grup Sugianto Kusuma, Ketua Umum Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Teddy Sugianto, Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Adi Wijaya, Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko dan Kapolres Jakarta Utara Budi Herdi Susianto.

Baca juga : Kesadaran Orang Tua Ajarkan Anak Gosok Gigi Masih Minim

Selain meriah, acara juga hikmat. Acara ini juga diisi doa bersama oleh tokoh agama dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.