Dark/Light Mode

Diminta Tak Melayat ke Solo, Mahfud Shalat Ghaib untuk Ibunda Jokowi

Rabu, 25 Maret 2020 22:33 WIB
Mahfud MD (Grafis: Iyong/RM)
Mahfud MD (Grafis: Iyong/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia berduka. Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, tutup usia. Namun, Presiden Jokowi meminta para menterinya tidak bertakziah langsung ke Solo.

Hal tersebut diungkapkan Menko Polhukam, Mahfud MD. Mahfud mengakui, saat mendengar kabar bahwa Ibunda Jokowi wafat, ia mencoba mengkoordinir rekan anggota kabinet untuk bertakziyah ke Solo. Mahfud berencana meminjam pesawat TNI AU atau Polri. Tetapi, tiba-tiba ada arahan dari Presiden melalui Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung agar menteri tak pergi ke Solo. Para menteri hendaknya fokus pada tugas saja di Jakarta. 

Baca juga : Haedar Nashir: Bangsa Indonesia Kehilangan Sosok Ibunda Jokowi

"Jadi saya dan kawan-kawan tidak ke Solo. Saya dan istri melakukan shalat ghaib dari rumah untuk janazah almarhumah," kata Mahfud, dalam siaran persnya kepada RMco.id, Rabu malam (25/3).

Mahfud pun yakin, Presiden Jokowi tak enak hati meminta orang untuk tidak melayat langsung. Akan tetapi, lantaran Presiden Jokowi sendiri yang mengumumkan dan tengah berkampanye agar rakyat tidak melakukan kerumunan dalam rangka physical distancing guna mencegah penyebaran Covid-19, Presiden Jokowi meminta masyarakat tidak bertakziyah ke rumah duka.

Baca juga : Tak Akan Belokkan Jiwasraya Ke Perdata, Mahfud-Erick Satu Komando

"Beliau minta agar almarhumah didoakan dari rumah masing-masing saja. Saya sendiri mengimbau juga, sebaiknya bagi kaum muslimin yang ingin mensalatkan janazahnya dilakukan dengan salat ghaib saja dari rumah. Itu ada ajarannya di dalam Islam," ucapnya.

Mahfud sebelumnya menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Ibunda Jokowi. "Innalillahi wa innailaihi rojiun. Saya turut berduka cita yang dalam atas berpulangnya Ibunda Bapak Presiden Jokowi," kata Mahfud dalam akun instagramnya @mohmahfudmd, Rabu (25/3).

Baca juga : Ekonomi Tak Meroket ke 7 Persen, Istana Bilang Bukan Ingkar Janji

Mahfud pun mendoakan agar Allah SWT menerima amal ibadah almarhumah Hj Sujiatmi Notomiharjo. "Semoga Pak Jokowi dan keluarga diberikan keikhlasan dan kesabaran," doanya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.