Dark/Light Mode

Wapres Bagian Doa dan Istighfar

Menteri Yang Kelihatan Kerja Cuma Itu...Itu Saja

Selasa, 5 Mei 2020 06:46 WIB
Wapres KH Maruf Amin saat memberikan tausiah Ramadhan, Senin (4/5). (Foto: Wakil Presiden RI)
Wapres KH Maruf Amin saat memberikan tausiah Ramadhan, Senin (4/5). (Foto: Wakil Presiden RI)

 Sebelumnya 
Menkeu Sri Mulyani, juga sama. Hampir setiap hari dia ra pat, me rumuskan kebijakan ekonomi untuk menghadapi dampak virus corona. Sementara Mensos nggak kalah sibuknya. Tiap hari dia sibuk mengurusi bantuan sosial alias bansos bagi masyarakat yang terdampak virus corona.

Selain ketiga menteri itu, sebetulnya masih ada beberapa menteri lagi yang juga masih kategori aktif. Yakni Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlanggar Hartarto, Menkominfo Johny G Plate, Menkumham Yasonna Laoly dan Menhan Prabowo Subianto.

Baca juga : Usai Bertengkar Dengan Bolsonaro, Menteri Kehakiman Brazil Mundur

Namun belakangan banyak yang menghilang. Terawan misalnya. Terakhir, dia tampak ketika mendampingi Menhan Prabowo Subianto menerima bantuan 8 Ton Alkes di Halim Perdanakusumah pada 23 Maret lalu. Yang kerap muncul, justru anak buahnya di Kemenkes, Achmad Yurianto yang didapuk jadi Juru Bicara Pemerintah Dalam Penanganan Covid19.

Kemarin, Menhan Prabowo juga tampil. Prabowo melepas sebanyak 293 relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan untuk Percepatan dan Penanganan Covid-19. Relawan Komduk ini akan bertugas di RS Dr. Suyoto Pusrehab Kemenhan.

Baca juga : Jokowi Minta Para Menteri Jaga Ketersediaan Sembako

"Wabah Covid-19 ini adalah ancaman yang sangat berbahaya, ini sebetulnya adalah perang, perang melawan musuh yang tidak kelihatan, perang terhadap musuh yang tidak punya ideologi, tidak punya agenda lain selain mengancam keselamatan manusia,” tegas Menhan Prabowo lewat siaran persnya, kemarin.

Guru Besar Politik Universitas Indonesia (UI) Prof. Budyatna menilai, seharusnya menteri-menteri lain juga tampil ke publik dan menunjukkan kerjanya. “Kalau hanya 4 L, lu lagi lu lagi, kesannya mereka nggak bersinergi, nggak kerjasama,” ujarnya, semalam.

Baca juga : Kapuspen: Mendagri dan Istri dalam Kondisi Sehat Walafiat

Dia mencontohkan, Menko PMK Muhadjir Effendy yang jarang nongol. Padahal, kementerian-kementerian di bawah koordinasinya yang lebih banyak terlibat langsung dengan masyarakat. Apalagi saat pandemi corona seperti sekarang ini. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.