Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menag: Shalat Id di Rumah Saja Bareng Keluarga Inti

Rabu, 13 Mei 2020 21:40 WIB
Fachrul Razi (Foto: Istimewa)
Fachrul Razi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebaran tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Idul Fitri 1441 Hijriah berlangsung di tengah pandemi corona Covid-19 sebagaimana ditetapkan WHO sejak Maret 2020.

Menteri Agama Fachrul Razi mengajak umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah. Tidak seperti biasanya yang berlangsung secara berjamaah di masjid-masjid atau di lapangan.

Baca juga : Fatwa MUI : Shalat Idul Fitri Boleh Di Rumah Jika Covid-19 Belum Terkendali

"Saya imbau umat Islam menjalankan shalat Idul Fitri di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama, dalam penanganan Covid-19," imbau Menag Fachrul kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/5).

Menag berharap pandemi segera berakhir dan kehidupan kembali normal, baik di Indonesia maupun dunia. Meski di tengah pandemi, Menag meminta umat Islam tetap menjalankan ibadah di rumah.

Baca juga : Shalat Idul Fitri Gimana Nasibnya

"Usahakan shalat Idul Fitri jangan ditinggalkan. Tapi diselenggarakan bersama keluarga di rumah sesuai teladan Rasulullah SAW yang tidak pernah meninggalkan shalat Idul Fitri," harap Menag.

Menag juga meminta para ulama, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) terus memberikan penjelasan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang hukum fikih Islam dan tata cara shalat Idul Fitri yang merupakan sunnah muakkadah, atau sunnah Rasul yang sangat dianjurkan.

Baca juga : Menkes Setujui PSBB di Buol, Sulawesi Tengah

Menag pun mengajak masyarakat menyambut Idul Fitri 1441 H dengan suka-cita dan bahagia. Karena hari tersebut adalah hari kemenangan dan hari kembalinya kita ke fitrah yang suci.

"Mari berbagi kepedulian kepada yang memerlukan agar mereka juga dapat berlebaran seperti kita semua. Pandemi Covid-19 tidak boleh mengurangi kebahagiaan dan kegembiraan kita dalam menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah. Taqobalallahu minna wa minkum. Semoga Allah menerima amal kita semua," pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.