Dark/Light Mode

Viral Dijual Rp 70 Ribu di Olshop

Siap Tempuh Jalur Hukum, RS Mitra Keluarga Bantah Keluarkan Surat Keterangan Bebas Covid-19

Kamis, 14 Mei 2020 20:28 WIB
Foto: Dok. Mitra Keluarga
Foto: Dok. Mitra Keluarga

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia maya dibikin geger oleh surat keterangan bebas Covid-19 menggunakan kop RS Mitra Keluarga, yang dijual dengan harga Rp 70 ribu di online shop (olshop).

Tak buang waktu, manajemen RS Mitra Keluarga langsung mengklarifikasi. Mereka membantah telah memperjualbelikan surat keterangan bebas Covid-19 atau surat keterangan apa pun. 

"Sehubungan dengan beredarnya pemberitaan di sosial media maupun situs berita mengenai surat keterangan sehat yang menggunakan kop surat Mitra Keluarga dan atau mengatasnamakan Mitra Keluarga, dengan ini kami sampaikan bahwa manajemen Mitra Keluarga tidak pernah bekerja sama dengan pihak-pihak yang memperjualbelikan surat keterangan bebas Covid-19 maupun surat keterangan apapun," demikian klarifikasi RS Mitra Keluarga yang diunggah di akun Instagram @mitrakeluarga, Kamis (14/5).

Baca juga : Viral Surat Covid Dijual Rp 70 Ribu di Olshop, Tim Siber Polri Siap Usut Tuntas

RS Mitra Keluarga meminta oknum yang menyalahgunakan nama mereka, agar menghentikan perbuatannya. Jika tidak, RS Mitra Keluarga menyatakan akan menempuh jalur hukum.

"Mitra Keluarga akan menempuh jalur hukum jika masih ada pihak yang mengatasnamakan dan atau menggunakan atribut Mitra Keluarga, termasuk penggunaan kop surat Mitra Keluarga tanpa seizin kami," tulis pernyataan berikutnya.

Seperti diketahui, seharian ini beredar foto produk surat keterangan sehat bebas Covid-19 yang dijual di laman  olshop dengan harga Rp 70.000.

Baca juga : Mbak Rerie Minta Pemerintah Belajar dari Vietnam Tangani Covid-19

Tangkapan layar dari olshop tersebut viral di media sosial Twitter.  Produk surat ini beralamatkan suratdokterindonesiaaa.blogspot.com.

Pengguna ini jualan surat sehat bebas Covid-19 dengan kop surat RS Mitra Keluarga Gading Serpong, Kabupaten Tangerang.

Soal ini, Tokopedia mengaku,  barang tersebut sempat dijual di laman e-commerce mereka. Tak lama Tokopedia langsung mencabutnya.

Baca juga : Pertamina Lubricants Berikan APD untuk Tenaga Medis Penanganan Covid-19

"Setelah mendapat laporan dari pengguna, Tokopedia langsung menindak produk tersebut dan sudah menurunkan produk surat bebas dari Covid-19 itu sesuai prosedur," kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya melalui keterangannya, Kamis (14/5). [FAQ]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.