Dark/Light Mode

Iuran BPJS Kesehatan Naik

Amien Rais Langsung Nyerocos

Jumat, 15 Mei 2020 05:50 WIB
Mantan Ketua MPR Amien Rais. (Foto: Amien Rais)
Mantan Ketua MPR Amien Rais. (Foto: Amien Rais)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kubu oposisi seperti menemukan amunisi untuk melancarkan serangan setelah pemerintah memutuskan tetap menaikkan iuran BPJS Kesehatan di tengah kesusahan karena corona. Dan, Amien Rais yang selama ini selalu galak ke pemerintah, langsung nyerocos.

Keputusan pemerintah menaikkan iuran BPJS Kesehatan memang mengejutkan banyak pihak. Selain karena pernah dibatalkan Mahkamah Agung (MA), waktunya juga tidak tepat. Pasalnya, saat ini ekonomi rakyat sedang kembang kempis akibat corona. Banyak yang di PHK dan usahanya hancur.

Baca juga : BPJS Kesehatan Jebol, Rakyat Kebanjiran...

Gara-gara keputusan itu, gelombang protes pun langsung berdatangan. Dari rakyat biasa, politisi, ekonom sampai ahli hukum. Mereka menilai, keputusan pemerintah itu tidak pro terhadap rakyat kecil.

Kritikan pertama disampaikan oleh Amien Rais. Eks Ketua MPR itu mempertanyakan rencana pemerintah tersebut. “Kok tega ya pada rakyat sendiri. Dalam keadaan begini menaikkan iuran BPJS Kesehatan,” kicau Amien di akun pribadinya, @Amien_Rais.

Baca juga : Iuran BPJS Kesehatan Naik Demi Kelangsungan Operasional

Mantan Ketum Muhammadiyah itu lalu bicara curhat soal konflik di partainya. “Dari awal kami ingin ada kontrol oposisi di Parlemen. Agar rezim dengan koalisi besar ini bisa diimbangi dengan pengawasn DPR. Tapi nasi sudah menjadi bubur,” ujarnya.

Kritikan juga datang dari Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Putra sulung SBY itu menilai keputsan menaikkan iuran BPJS Kesehatan bikin rakyat yang susah karena corona, tambah menderita. Ibarat pepatah sudah jatuh tertimpa tangga.

Baca juga : BPJS Kesehatan Tindak Tegas Faskes Yang Langgar Perjanjian Kerja Sama

AHY memahami jika BPJS Kesehatan terus mengalami defisit. Namun, kenaikan iuran bukan satu-satunya cara mengatasinya. Ada cara lain yaitu memperbaiki tata kelola BPJS Kesehatan. “Lakukan audit peserta BPJS agar masyarakat yang paling membutuhkan bisa diprioritaskan untuk mendapatkan manfaatnya,” ungkap AHY, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.