Dark/Light Mode

Pendukung 02 Dan 01 Adu Nyaring Yel-yel

Disambut ‘Jokowi Wae’, Prabowo Dibela Fansnya

Rabu, 20 Februari 2019 10:45 WIB
Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Surabaya. (Foto : Istimewa).
Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Surabaya. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tensi pertarungan pilpres semakin mendidih. Saling serang, nyinyir antar pendukung kedua capres tidak terelakkan, baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Kemarin, capres Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur. Di Surabaya, Prabowo menghadiri berbagai acara salah satunya mengunjungi musisi Ahmad Dhani di penjara dan menghadiri acara deklarasi Thoriqoh Syatoniyah.

Namun, saat melintasi wilayah Bulak, Kenjeran, Prabowo mengalami hal yang tidak mengenakkan. Mantan Danjen Kopasus itu disambut para pendukung Jokowi. Pendukung Prabowo juga menyambut.

Pendukung Jokowi berpakaian bebas berdiri di jalan menuju acara deklarasi di Thoriqoh Syathoriyah di Bulak, Kenjeran. Mereka membentangkan spanduk dengan berbagai tulisan. Ada tulisan 
“Kedatangan Prabowo tidak mengubah pilihan warga untuk tetap memilih Jokowi.”

Pendukung Jokowi mau laki-laki dan perempuan, kompak menyuarakan yel-yel dukungan kepada Jokowi. Suara yel-yel semakin menggema, ketika Prabowo tiba di sekitaran acara. “Jokowi wae, Jokowi wae,” teriak massa.  

Baca juga : Umumkan Lagi Nama 32 Caleg Eks Koruptor, KPU Diapresiasi KPK

Tak terima capresnya diteriaki pendukung Jokowi, pendukung Prabowo juga meneriaki yel-yel dukungannya. “Prabowo, Prabowo, Prabowo.” karena tidak ada yang melerai, 'perang' yel-yel di Bulak, Kenjeran, Surabaya pendukung capres Jokowi dan Prabowo tak terelakan. 

Meski panas, perang yel-yel antara pendukung Prabowo dan Jokowi tidak sampai pada perang fisik. 

Sambutan dari pendukung Jokowi mendapatkan tanggapan dari Prabowo. Prabowo menyebut penyambutan oleh massa Jokowi itu sebagai bentuk dari intimidasi. Tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk pendukungnya.

"ketahuilah bahwa mereka-mereka yang berani mengintimidasi rakyatnya sendiri pasti akan tumbang. Tidak ada kekuasaan kalau tidak didukung oleh rakyat," kata Prabowo kepada wartawan, kemarin.

Prabowo tidak terpengaruh dengan yel-yel dari massa pendukung Jokowi. Dengan dikawal pihak kepolisian dan pengawal pribadinya, Prabowo terlihat hanya membalas baik pendukungnya dan massa pendukung Jokowi dengan mengacungkan dua jari dari dalam mobil.

Baca juga : Coba-coba Merapat Ke Airlangga, Eni Disemprot Setnov

Teriakan Jokowi wae yang dialamatkan ke Prabowo mengundang pro kontra di masyarakat. Dan Dee mengatakan adanya demo kepada Prabowo menunjukan jika masyarakat Jawa Timur masih kuat memberikan dukungan kepada Jokowi. “Rakyat Surabaya sudah cerdas pak, tau mana yang terbaik,” katanya ditimpali roychandra. “Surabaya memang mantap.. lanjutkan!”

Raz Man menganggap wajar jika warga Surabaya meneriakan yel-yel Jokowi wae, karena memang basisnya pendukung PDIP. “Ya emang Surabaya kandang Jokowi. PDIP menang disana. Risma menang telak disana,” ujar dia. Sony tak mau kalah dengan warga yang meneriaki Jokowi wae. “Saya juga mau teriak Jokowi wae!”

Sindiran datang dari Dody Nalasro. Ia mengatakan teriakan Jokowi wae pada saat Prabowo menghadiri acara deklarasi adalah karma dari apa yang pernah dilakukan pada saat pilkada DKI Jakarta. saat itu, Ahok diperlakukan tidak baik oleh pendukung Prabowo. “Itu namanya karma pak. Kalian duluan yang mulai dengan politik kotor, terima aja konsekwensi dari pendukung rival anda ga usah cengeng,” sindirnya.

Sementara, dhafie menyayangkan sikap Prabowo yang menganggap teriakan Jokowi wae sebagai tindakan intimidasi. Padahal, apa yang disampaikan rakyat bagian dari demokrasi yang ada di Indonesia. “Coba kalau Jokowi yang datang trus diteriakin Prabowo. Jokowi tetap senyum dan sabar. Giliran Prabowo mereka bilang intimidasilah, kriminalisasilah apalah. maunya menang sendiri. Maunya dia sendiri yang bagus. Ngaca perbaiki diri,” ketusnya.

Habas juga menampik jika apa yang dilakukan pendukung Jokowi sebagai tindakan intimidasi. “Itu bukan intimidasi Pak... Itu namanya aspirasi Rakyat.. Itu yang di kehendaki rakyat.. Kalau masih gak ngeh juga berarti Bapak gak peka terhadap keinginan Rakyat.. Pahaam gaakkkkkk?” dia mengingatkan.

Baca juga : Novanto Minta Riza Chalid Bayar Utang

Kendati banyak yang menyerang, ada juga warganet yang memberikan pembelaan kepada Prabowo, Satya Nagara salah satu netizen yang mendukung sekaligus memberikan support.

“Tenang Pak Prabowo, jangan takut diintimidasi dengan masa bayaran yang cuma cengengesan di jalan. Yang bayar massa tersebut kayaknya udah khawatir jagoannya kalah,”support dia.

Jabir bukik ikut membela. Menurutnya, Prabowo merupakan sosok pemimpin yang mengedepankan nilai-nilai demokrasi dan seorang yang mempunyai jiwa kenegarawanan yang cukup tinggi.

“Bahkan, Prabowo seorang yang berjiwa patriot.. Tidak takut dengan segala intimidasi.. Merdekaaaaaaaaa,” ujar dia memberikan semangat. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.