Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jubir Corona Diganti Lagi

Apa Salah Yurianto? Kenapa Reisa Ilang?

Rabu, 22 Juli 2020 05:17 WIB
Achmad Yurianto (kiri) dan dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Antara)
Achmad Yurianto (kiri) dan dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada perubahan di jajaran Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19. Achmad Yurianto tak lagi menjabat. Yuri digantikan Prof Wiku Adisasmito. Dokter Reisa Broto Asmoro juga tidak muncul dalam pengumuman update Covid-19 yang biasanya disampaikan pukul 15, setiap harinya.

Hal ini menjadi topik hangat di dunia maya. Khusus untuk Yuri, warganet kasak-kusuk mencari tahu. Mereka penasaran apa salah Yuri hingga diganti. Juga bertanya-tanya, kenapa dr Reisa yang cantik itu menghilang.

Baca juga : Tak Jadi Jubir Covid-19 Lagi, Posisi Achmad Yurianto Digantikan Prof Wiku Adisasmito

Nama Yuri sudah sangat akrab di masyarakat. Sejak Maret lalu, hampir tiap sore, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini tampil di layar kaca untuk menyampaikan perkembangan terbaru dalam penanganan Covid-19. Belakangan Yurianto ditemani dr Reisa.

Namun, sejak kemarin, wajah Yuri menghilang dari layar kaca. Begitu juga dengan dr Reisa. Posisi keduanya digantikan Prof Wiku, mantan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.   

Baca juga : Singapura Sakit, Kita Bisa Ketularan

Pergantian posisi jubir ini tak lepas dari dibubarkannya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Tupoksi Gugus Tugas kemudian diganti menjadi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Komite yang dipimpin Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ini membawahi dua satuan tugas yaitu Satgas Covid-19 dan Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional. Satgas Covid-19 dipimpin Kepala BNPB Doni Monardo. Sementara, Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional dipimpin Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.  

Satgas ini punya jubir baru. Soal ekonomi diserahkan ke Budi Sadikin. “Sementara jubir penanganan Covid-19 diserahkan kepada Prof Wiku," kata Airlangga, saat menggelar konferensi pers di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, kemarin.

Baca juga : Khofifah dan Risma Gagal Penuhi Harapan Jokowi

Kemarin, Wiku mulai tampil di layar kaca menggantikan Yuri menyampaikan update corona. Terlihat ada beberapa perbedaan dalam siaran. Wiku tampil sendiri. Dokter Reisa yang biasanya menyampaikan perkembangan kinerja pemerintah tak ikut menemani. "Presiden telah menunjuk saya sebagai Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19," kata Wiku, mengawali keterangan pers, dari Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.