Dark/Light Mode

3 Besar Bakal Capres

Prabowo, Ganjar, Anies Masuk Di Pikiran Rakyat

Kamis, 23 Juli 2020 06:41 WIB
(Dari kiri ke kanan) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
(Dari kiri ke kanan) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto, Ganjar pranowo, dan Anies Baswedan selalu masuk tiga besar bakal calon presiden 2024 versi lembaga survei. Ketiga tokoh tersebut sepertinya sudah masuk di pikiran rakyat. Tinggal bagaimana mereka bisa memantapkan dirinya selalu ada di hati rakyat.

Kemarin, Charta Politika merilis hasil surveinya dalam webinar bertajuk “tren 3 bulan Kondisi Politik, ekonomi dan Hukum pada Masa Pandemi Covid-19”. Hasil survei disampaikan oleh Direktur eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya. Hadir lima narasumber pembanding yaitu Ekonom Chatib Basri, dan empat politisi: Meutya Hafidz (Golkar), Aria Bima (PDIP), Nasir Djamil (PKS) dan Willy Aditya (Nasdem).

Survei dilakukan melalui telepon, dengan sampel sebanyak 2.000 res ponden yang dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak tatap muka yang pernah dilakukan Charta Politika dalam dua tahun terakhir. Survei menggunakan metode asumsi simple random sampling, dengan toleransi kesalahan kurang lebih 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Airlangga-Erick Duet Maut Pilihan Jokowi

Apa hasilnya? Dari hasil survei yang dilakukan Charta Politika selama tiga bulan terakhir, diketahui ada banyak dinamika dalam sosial ekonomi politik Tanah Air. Secara ekonomi dinamika itu terasa.

Mayoritas 64,8 persen responden merasakan keadaan ekonomi rumah tangga yang memburuk karena penghasilan berkurang. Meski persepsi responden sedikit membaik dibanding periode Mei dan Juni.

Namun, secara politik terutama peta politik capres sepertinya tak banyak perubahan. Elektabilitias Prabowo ma sih tertinggi dengan angka sebesar 17 persen. Di peringkat kedua dan ketiga ada Ganjar Pranowo 15,7 persen dan Anies Baswedan 15 persen.

Baca juga : Sandiaga Berharap Prabowo Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

Posisi selanjutnya ada Sandiaga Uno 11,2 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 10,1 persen, dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudho yono (AHY) sebesar 4,0 persen. Nama lain seperti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Menko Polhukam Mahfud MD, dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo masih ada di bawah dua persen.

Yunarto mengatakan, meski elektabilitas Prabowo tinggi, tren elektabilitasnya mengalami penurunan dibandingkan survei Mei lalu. Pada Mei ada di angka 22 persen, sekarang ada di 17 persen. Yunarto menambahkan, kenaikan tajam justru terjadi pada elektabilitas Ganjar dan Ridwan Kamil. Sandiaga Uno mengalami angka statis sedangkan Anies cenderung menurun.

“Sehingga saya bisa mengatakan, untuk Ganjar, Kang Emil, di situasi pandemi ini adalah panggung besar untuk mereka tiga bulan masa penanganan covid ternyata berkorelasi linier dengan elektabilitas yang terus menanjak,” kata Yunarto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.