Dark/Light Mode

Dr. Misbah Fikrianto

Membentuk Karakter dan Daya Saing Mahasiswa Indonesia

Kamis, 13 Agustus 2020 14:05 WIB
Koordinator Prestasi Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Khusus Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Dr. Misbah Fikrianto (Foto: Istimewa)
Koordinator Prestasi Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Khusus Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Dr. Misbah Fikrianto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi persaingan dan tantangan global yang begitu ketat, menuntut sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing.

Untuk mewujudkan SDM berkualitas tersebut, dibutuhkan strategi dan program utuh. Pembahasan tentang SDM sangat relevan dengan proses pendidikan dari mulai prasekolah, pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi. Semua proses tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh dan berkelanjutan.

Momentum Hari Kemerdekaan ke-75 tahun Indonesia Maju, hendaknya digunakan untuk meningkatkan kualitas generasi muda, menuju SDM berkarakter dan berdaya saing. 

Baca juga : Kereta Api Iringi Perjuangan Bangsa Indonesia

Menurut Sugeng (2002), kualitas sumber daya manusia merupakan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan seseorang yang dapat digunakan untuk menghasilkan layanan profesional. SDM berkualitas harus memiliki pengetahuan luas, karakter baik, dan keterampilan handal.

Kondisi yang ada, beberapa mahasiswa hanya fokus pada pencapaian keterampilan hard skill yang spesialis, namun penguasaan soft skill kurang. Fakta ini menjadikan tantangan pada generasi muda, karena mau tidak mau, generasi muda harus menjalin komunikasi dan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Membangun Karakter 
Pelaksanaan kegiatan pengembangan kemahasiswaan yang komprehensif akan menghasilkan sumber daya manusia berkarakter dan berdaya saing. Kegiatan kemahasiswaan dapat dilakukan dalam bentuk pembinaan, pengembangan, kompetisi, pencarian minat bakat, penghargaan, dan lainnya. 

Baca juga : Kerek Pertumbuhan Ekonomi, Mendag Dorong Program Bangga Buatan Indonesia

Perguruan tinggi dan pemangku kepentingan diharapkan terus mengembangan dan memberikan wahana untuk mahasiswa berkreativitas dengan baik. Jumlah mahasiswa yang lebih dari 8 juta, merupakan jumlah besar dan terus ditingkatkan, serta layanan kepada mahasiswa harus terus berkembang.

Mahasiswa diharapkan terus berperan aktif dalam pembentukan kompetensinya. Dalam berbagai sisi kehidupan, kita membutuhkan peran generasi muda, sehingga akan lahir kreativitas dan inovasi yang tinggi. Karakter mahasiswa juga harus terus dirawat dan dijaga, sehingga apapun tantangannya tetap memiliki karakter jujur, tanggung jawab, dan lainnya. 

Membentuk karakter harus dilakukan di rumah, sekolah, dan lingkungan. Semua tripusat pendidikan memberikan pengaruh pada pembiasaan dan karakter generasi muda. Semua pihak harus berkolaborasi dan memberikan contoh pada pembentukan karakter yang baik. Generasi muda lebih mudah diberikan teladan, ketimbang hanya disampaikan dengan lisan. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.