Dark/Light Mode

Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno

Ditunggu Segera, Langkah Konkret Kepala Daerah Bodetabek Untuk Benahi Transportasi Umum

Kamis, 20 Agustus 2020 09:39 WIB
Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno (Foto: Istimewa)
Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transportasi regional dan lokal di Bodetabek harus segera dibenahi. Keberadaan JR Connexion dan Trans Jabodetabek sebagai transportasi regional dapat terus ditambah di tengah keterbatasan daya angkut KRL Jabodetabek.

Dalam hal ini, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dapat menganggarkan untuk membenahi transportasi lokal. Political will dan kepedulian kepala daerah Bodetabek membenahi transportasi menjadi prasyarat utama.

Baca juga : Program Gebrak Masker Dianggap Langkah Konkret Lawan Covid-19

Peningkatan pelayanan angkutan umum dapat dilakukan dengan mempertahankan langkah-langkah kesehatan yang juga akan mendukung pemulihan ekonomi, peningkatan frekuensi dan kapasitas angkutan umum untuk mengurangi kepadatan penumpang.

Operator angkutan umum diminta untuk menggunakan sistem penghitungan penumpang, terutama pada kereta komuter dan pinggiran kota, untuk mengelola kapasitas.

Baca juga : Mendagri Minta Kepala Daerah Kita Nyontek Singapura

Perjalanan di luar jam sibuk perlu didorong dengan insentif, seperti harga yang lebih murah, untuk mendistribusikan kepadatan. Harus dicari cara untuk menghadapi kerugian finansial, yang ditimbulkan oleh penurunan penumpang yang kemungkinan akan bertahan selama beberapa tahun ke depan.

Kebijakan staggered hours, yaitu mengalihkan permintaan dari masa puncak, jam masuk kantor dibuat variasi jam masuk, harus diterapkan.

Baca juga : Sukses Jakarta di Bidang Transportasi Dibangun Sejak Zaman Jokowi

Ini penting untuk mengurangi beban peak hours. Selain memungkinkan jarak fisik, kebijakan juga membuat angkutan umum menjadi lebih menyenangkan.

Apalagi, berjalan kaki dan bersepeda ke kantor juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit dan kematian muda.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.