Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bikin Akun IG

Nadiem Dipromosiin Presiden

Jumat, 28 Agustus 2020 05:46 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyusul para menteri lain, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim bikin akun IG alias Instagram. Akunnya pun langsung dipromosiin Presiden Jokowi.

Akun IG Nadiem adalah @nadiemmakarim. Hingga semalam, akun eks bos Gojek ini sudah diikuti lebih dari 40 ribu followers. Sementara, yang diikuti Nadiem ada 17 akun.

Didominasi badan-badan di bawah Kemendikbud. Selain itu ada akun Presiden Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin, dan istrinya, Franka Franklin. Ada 8 foto yang sudah diunggahnya.

Pertama, pada 17 Agustus. Dia mengunggah foto dirinya bersama sejumlah anak muda yang mengenakan baju daerah. Nadiem sendiri mengenakan baju Jawa putih plus blangkon. Foto itu disertai ucapan Dirgahayu RI.

Dua hari kemudian, Nadiem mengunggah foto dirinya ke SDN Cirimekar 02 Cibinong yang dilakukannya pada Januari lalu. Dalam foto itu, Nadiem tengah disalami seorang siswi.

Baca juga : Giring Mantan Vokalis Nidji Ngaku Siap Jadi Presiden

Kemudian keesokan harinya, dia mengunggah foto dirinya yang mengucapkan selamat Tahun Baru Islam. Foto itu diberi caption yang mengajak masyarakat bergotong royong di masa krisis ini.

Serta, melakukan lompatan transformasi besar untuk mengembangkan diri. Kemudian, Rabu (26/8),

Nadiem mengunggah foto tengah mendampingi Presiden Jokowi meresmikan gedung vokasi Undip di Istana Bogor. Malam harinya, Nadiem mengunggah foto saat melakukan live IG dengan Deddy Corbuzier.

Di situ, dia menjelaskan, alasannya menggunakan medsos. “Setelah beberapa tahun tidak menggunakan media sosial, hari ini saya pertama kali menggunakan Instagram Live. Sebagai pejabat publik dalam @kemdikbud.ri saya harap dengan adanya akun ini, saya dapat mendengar langsung dari masyarakat mengenai saran dan masukan serta kondisi nyata yang ada. Dengan demikian, kami bisa semakin baik membentuk kebijakankebijakan di waktu mendatang,” tulis Nadiem.

Dan kemarin, Nadiem mengunggah video dirinya tengah bersama Presiden Jokowi. Keduanya berada di Istana Bogor, selepas acara Rabu (26/8). Di caption, Nadiem menulis, dirinya melaporkan akun medsosnya yang saat ini kembali digunakannya.

Baca juga : Bupati Taput Usulkan Guru Honorer Jadi PNS Ke Presiden

Kata Nadiem, Presiden langsung senang, dan memberinya semangat. “Halo, Mas Menteri di sini, dengan Pak Presiden. Apa kabar Pak Presiden?” tanya Nadiem dalam video itu. “Baik, baik, baik, baik,” jawab Jokowi yang mengenakan batik cokelat.

Setelah itu, Jokowi mempromosikan akun IG Nadiem. “Saya senang ini Mas Menteri membuat Instagram baru. Follow Mas Menteri aja,” ucap Jokowi yang disambut ucapan terima kasih dari Nadiem.

“Terima kasih pak Presiden,” tuturnya. Netizen alias warganet pun ramai mengomentari unggahan Nadiem ini.

Ada 353 komentar di sana. “Yang endorse nggak tanggungtanggung, pak Presiden,” tulis @senoprasetyo. Akun @rdhnkhr ikut menimpalinya. “Gimana pak rasanya dipromote sama Presiden?” tanya dia.

Bercanda, akun @rais_nalvin mengaku iri dengan Nadiem. “Bertahun-tahun bikin Instagram tapi saya nggak pernah dipromosiin Presiden,” komentarnya dengan menambahkan ikon “ngakak” di bagian akhirnya.

Baca juga : Atiqah Hasiholan Ajarkan Anak Mandiri Lewat Pilihan Pakaian

“Mas Menteri mah bebas, pansosnya langsung sama pak Presiden,” balas @fit_hijabi99 yang juga menyertakan ikon “ngakak”.

Banyak juga warganet yang mengaku sudah memfollow Nadiem. Dan mereka minta difollow balik alias folbek. Salah satunya, akun @kenziecumamanusia. “Udah difollow. Pak, follback dong,” pintanya.

Sementara beberapa akun mengingatkan Nadiem, komentar-komentar warganet di medsos sungguh pedas. “Diinfo nggak sama pak Presiden, kelakuan netizen 62+ kalau komen suka bikin tepok jidat?” tanya @merry.c21united.

Akun @arixpribumi menambahkan, Nadiem mesti siap dengan hal itu. “Mantabs. Semoga selalu dekat dengan rakyat. Baca komen pedes, manis, pahit, ambil baiknya buang buruknya untuk kemajuan bangsa Indonesia,” komentarnya.

Sebenarnya ini bukan pertama kali Nadiem punya akun media sosial. Pada acara Najwa Shihab, akhir tahun lalu, dia mengaku pernah punya akun media sosial, namun sudah ditutupnya dua tahun lalu. Alasannya ingin fokus kerja. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.