Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Angin Puting Beliung Rusak Rumah Warga Kota Singkawang

Senin, 21 September 2020 21:07 WIB
Salah satu rumah warga yang rusak berat diterjang angin puting beliung di wilayah Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada Minggu (20/9). [Foto: BPBD Kota Singkawang]
Salah satu rumah warga yang rusak berat diterjang angin puting beliung di wilayah Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada Minggu (20/9). [Foto: BPBD Kota Singkawang]

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana hidrometeorologi masih mengancam wilayah Nusantara. Kali ini bencana angin puting beliung menerjang wilayah Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada Minggu (20/9). Akibatnya, 17 rumah warga dilaporkan rusak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Singkawang melaporkan, 6 unit rumah warga mengalami rusak berat akibat angin puting beliung yang terjadi pada pukul 13.30 WIB. Selain itu, 11 unit rumah mengalami rusak ringan. Angin puting beliung juga melukai 1 orang warga.

Baca juga : Pencegahan Penggudulan Hutan Perlu Dukungan Industri Kelapa Sawit

BPBD setempat melaporkan kronologi kejadian, yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang. Wilayah ini memang memiliki potensi bahaya cuaca ekstrim dengan tingkat sedang hingga tinggi. Selain itu, wilayah ini juga teridentifikasi pada tingkat sedang hingga tinggi untuk bahaya banjir.

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, dalam dua hari ke depan, 22 – 23 September 2020, di wilayah Kalimantan Barat merupakan salah satu wilayah yang berpotensi hujan lebat, disertai kilat dan angin kencang.

Baca juga : KKB Kembali Tembak Dua Warga Sipil Di Papua

Pada 22 September 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah berkondisi tersebut antara lain Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Sedangkan pada 23 September 2020, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang untuk wilayah Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Baca juga : Menlu Retno: Myanmar Adalah Rumah Warga Rohingya

“Untuk itu, masyarakat diimbau agar selalu waspada terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti angin kencang atau angin puting beliung, banjir, banjir bandang dan tanah longsor. Angin puting beliung biasanya terjadi saat pergantian musim, dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya,” pungkas Raditya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.