Dark/Light Mode

Semua Pihak Perlu Duduk Bareng Agar Otsus Lebih Bermanfaat Bagi Rakyat Papua

Rabu, 30 September 2020 06:58 WIB
Peta Papua (Foto: Istimewa)
Peta Papua (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Di acara yang sama, Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano menambahkan, dana Otsus telah membantu penyelenggaraan Pemda, terutama di sektor sektor yang berkaitan peningkatan sumber daya manusia. Berkat dana Otsus, pembangunan Jayapura lebih bergerak dengan ditandai perbaikan infrastruktur, juga kenaikan capaian indeks pembangunan manusia dan angka harapan hidup yang terus membaik dari tahun ke tahun. 

“Perjalanan Otsus selama 19 tahun sejak 2002, saya katakan ada kemajuan dari berbagai aspek dibanding masa sebelum Otsus. Meskipun belum memenuhi harapan semua kalangan, karena ada faktor penghambat dari internal eksternal,” ucapnya.  

Baca juga : Jokowi: Realisasi Program Perlindungan Sosial Telah Berjalan Baik

Menurut dia, implementasi Otsus di Jayapura sudah berhasil. Makanya, Otsus perlu berlanjut. Berkat dana Otsus, pemerintah Jayapura bisa menyekolahkan anak-anak ke luar negeri. Memajukan orang Papua, perbaikan infrastrutur, kesehatan. Karena itu, dana Otsus ke depan harus benar-benar digunakan untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Anggota Fraksi PDIP DPR Jimmy Demianus Ijie menyebut, agar pelaksanaan Otsus benar-benar optimal, pemerintah perlu memperlakukan masyarakat Papua penuh martabat dengan memberi kewenangan sepenuhnya dalam mengurus otonomi. Ia pun menyarankan pemerintah untuk belajar dari negara lain seperti Italia dalam memberikan otonomi khusus. 

Baca juga : PLN Dukung Bappenas Lewat Pemanfaatan Data Kelistrikan

Pelaksanaan Otsus di Papua dan Papua Barat berjalan sejak berlakunya UU Nomor 21 Tahun 2001. Dalam UU itu disebutkan, Otsus Papua dihitung sebesar 2 persen dari plafon Dana Alokasi Umum (DAU) yang berlaku selama 20 tahun. Dana Otsus dianggarkan guna mendukung pelaksanaan otonomi khusus terutama di bidang pendidikan dan kesehatan. Dana Otsus juga diarahkan untuk mendanai pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi rakyat, pengentasan kemiskinan, serta pendanaan pendidikan, sosial, dan kesehatan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.