Dark/Light Mode

Urus Corona

Anies - Luhut Makin Mesra

Kamis, 1 Oktober 2020 06:55 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Luhut juga minta BPJS Kesehatan menanggung terapi obat bagi pasien Covid-19, sebagaimana disampaikan anies. Termasuk menanggung perawatan bagi bayi yang lahir dari ibu pengidap Covid-19. “Apalagi sebagian besar obatobat itu mampu kita produksi dalam negeri,” perintahnya.

Merespons perintah Luhut, plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Abdul Kadir mengaku, baru 1.356 rumah sakit yang sudah mengajukan klaim, dari 1.906 rumah sakit penyelenggara pelayanan Covid-19 di seluruh Indonesia. artinya masih ada sekitar 550 rumah sakit belum mengajukan klaim sama sekali. “Tiga terbanyak ada di provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera Utara,” kata nya, kepada Luhut.

Baca juga : Diputusin, Pria AS Bom Rumah Mantan Kekasih

Mendengar itu, Luhut meminta para gubernur yang hadir dalam rakor ini; Gubernur DKI Anies, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Bali Wayan Koster, segera berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan. Dengan begitu, penanganan pasien Co rona tidak tersendat.

Direktur Utama BPKS Kesehatan, Fahmi Idris juga langsung merespons perintah Luhut. Ia meminta Dinas Kesehatan di daerah yang rumah sakitnya belum mengajukan klaim penanganan Covid-19 untuk segera mengajukan klaimnya. “Hingga kini kami sudah membayar klaim sebesar Rp 4,4 Triliun ke rumah sakit di sebelas provinsi prioritas. Dan, ada Rp 2,8 Triliun nilai klaim yang sedang dalam proses verifikasi,” beber Fahmi.

Baca juga : Cegah Penularan Corona, Menperin: Buruh Jangan Demo Dan Mogok Kerja

Ini bukan kali pertama usulan Anies disetujui Luhut. Sebelumnya, usulan perpanjangan masa PSBB selama 14 hari ke depan juga diamini Luhut. “Semoga terus bersinergi, jangan berhenti sampai di sini,” harap akun @ djoehe_ndie.

“Semoga semua bersinergi dengan baik dalam menghadapi pandemi ini..,” pinta @txgrttsk. “Kalau udah tektokan gini komunikasi pusat sama daerah, kan enak liatnya,” timpal @ Gajelasgitulah, senang. “Pak Anies sama pak Luhut makin mesra aja yak,” sahut @rakyat_biasa12.

Baca juga : Corona Makin Dekat

Tapi ada juga yang memandang sinis. akurnya Anies dengan Luhut, nilai @antekKorea, karena ada maunya. “Jieh ini dia mulai minta kompensasi, padahal APBD jkt 80 triliun,” cibirnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.