Dark/Light Mode

Petisi Copot Terawan Menggema

Pak Jokowi, Ada Komen?

Sabtu, 3 Oktober 2020 06:29 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Istimewa)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sudah banyak yang meminta pertanggungjawaban kepada Terawan. Namun Terawan sering menghilang dan membiarkan publik melawan Covid-19 sendiri. “Apakah kita harus menggantungkan nyawa dan nasib ratusan juta masyarakat Indonesia kepada Men kes seperti itu?” tanya mereka.

Karena alasan itu, mereka minta Presiden Jokowi mencopot Terawan dan memilih ahli yang lebih kompeten. Saat ini, sudah ada 8 negara yang Menkesnya mengajukan pengunduran diri karena merasa gagal menangani penyebaran Covid-19.

Mereka menilai, alangkah terhormatnya jika Terawan juga mengikuti koleganya di luar negeri dengan mundur karena telah gagal menjalankan tugasnya.

Baca juga : Kalau Pak Jokowi Masih Sayang, Kalian Mau Apa?

Sebagian penandatangan petisi menuliskan komentar. Isinya sengit-sengit. Akun Ahmad Afandi menilai Terawan seperti tidak bertanggung jawab. “Jumlah kasus yang mati tiap harinya makin banyak,” ujarnya.

Senada disampaikan Andi M Kasim. Menurut dia, kinerja Terawan minim, sementara komentarnya sering kontra dengan kondisi kesehatan rakyat.

Sementara, Dian Paluoi Anggarawati mengatakan, dari sejak awal pandemi, tidak terlihat peran nyata Menkes. Padahal Menkes memegang peranan paling besar dan posisinya paling strategis untuk mela kukan upaya-upaya penanganan, pencega han meluasnya Covid-19.

Baca juga : Jokowi Belum Senang

Di jagat Twitter, ajakan untuk menandatangani petisi ini terus menggema. Antara lain di kam panyekan oleh pendiri Kontras, Haris Azhar. “To long kasih tahu Presiden Jokowi untuk copot Terawan,” kicau @haris_azhar sambil menyisipkan tagar #PutusinTerawanTandatangani Petisi.

Selebtwit Gita Putri menyuarakan hal serupa. “Apakah menurut Anda sebaiknya Presiden Jokowi mengganti Menkes Terawan terkait penanganan COVID? Ini dia petisinya untuk mendorong Presiden Joko Widodo mengganti Menkes Terawan,” tulis @gitaputrid.

Lalu bagaimana tanggapan Terawan? Dia belum berkomentar mengenai adanya petisi tersebut. Kema rin, dia terlihat sangat sibuk. Siang hari, dia menemani Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk melaporkan kebijakan penanganan Covid-19. Sorenya, dia bertemu dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Mereka membahas penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Baca juga : Jokowi Masih Tegakkan Kepala

Usai rapat, Terawan ikut menemani Airlangga jumpa pers. Saking padatnya acara, Terawan sampai tak ganti baju batiknya. Dia tetap mengenakan batik berwarna hijau motif coklat saat bertemu dengan Wapres dan Airlangga. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.